BUPATI AGUS BASTIAN, " PERAN ULAMA PENTING SEBAGAI PEMBANGUN MENTAL MASYARAKAT " - Koran Purworejo

Breaking










Tuesday, April 13, 2021

BUPATI AGUS BASTIAN, " PERAN ULAMA PENTING SEBAGAI PEMBANGUN MENTAL MASYARAKAT "

KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO

Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM menghadiri  Halaqah Ulama Kabupaten Purworejo dalam rangka menyambut bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H di Graha Siola  Pangenrejo, Kamis (08/04/2021). 

Hadir mendampingi Bupati,  Kepala Kemenag Kabupaten Purworejo H Fatchur Rochman MPdI, Ketua MUI Kabupaten Purworejo KH Achmad Hamid AK, Kepala Bagian Kesra Setda Drs Faturohman MM, Kasat Intelkam Polres Purworejo AKP Ngatimin SH dan pejabat terkait lainya.

Disampaikan Bupati, bahwa para ulama dalam kedudukannya sebagai pemimpin informal di tengah masyarakat sangat berperan untuk memperkokoh sendi-sendi etika, moral dan spiritual kehidupan berbangsa dan bernegara. Para ulama tidak saja berperan menjaga moral bangsa dan etika keberagamaan, tetapi sekaligus berfungsi untuk mencerahkan, mencerdaskan, dan membimbing umat dengan ajaran dan nilai-nilai Islam. 

Menurutnya, peran ulama juga sangat strategis dalam membangun karakter bangsa, sehingga dalam dunia semodern apapun, peran dan tanggung jawab ulama tidak akan pernah tergantikan. Peran para alim ulama dalam menjaga keseimbangan proses pembangunan, baik fisik maupun moral yang sangat pesat belakangan ini mutlak diperlukan. 

“Jika peran ulama diabaikan, maka pembangunan, utamanya pembangunan mental masyarakat, akan memiliki arah yang tidak jelas dan masyarakat akan mengikuti hawa nafsunya. Keterlibatan ulama sangat dibutuhkan, bukan hanya sebagai pelengkap tapi menjadi bagian utama dari seluruh kebijakan,” katanya.

Ia berharap agar  para ulama selalu menjadi mitra pemerintah, dengan mendukung program-program pemerintah yang membawa  kemaslahatan masyarakat luas. Dukungan tersebut  antara lain dapat dilakukan melalui penggalangan potensi umat Islam untuk berperan aktif dalam pembangunan Sumber Daya Manusia, sehingga Visi menuju Purworejo Berdaya Saing 2025 dapat terwujud. 

Dalam kesempatan ini Bupati mengingatkan bahwa saat ini akan memasuki Bulan Ramadhan 1442 Hijriyah, dimana tahun ini merupakan tahun kedua menjalankan ibadah puasa di tengah situasi pandemi COVID-19. “Saya berharap pelaksanaan ibadah nantinya bisa berjalan lancar dan optimal, tentunya dengan selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” harapnya. 

Pihaknya juga meminta bantuan para ulama untuk terus mengingatkan dan memotivasi masyarakat, agar senantiasa menjaga  kesehatan dan ikut berkontribusi dalam upaya mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang belum juga usai. 

“Saya juga mohon dukungan dalam pelaksanaan  vaksinasi COVID-19 yang masih terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo. Saya percaya, dengan dukungan para ulama, program pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 akan bisa terlaksana, tanpa mengurangi hakikat dan kekhusyukan ibadah di bulan suci Ramadhan,” ungkapnya.


R.Nang. 

No comments:

Post a Comment