SMA NEGERI 10, UNDANG SASTRAWAN SISWA DIWORK SHOP MENULIS SASTRA - KORAN PURWOREJO

Breaking

Selasa, 23 Maret 2021

SMA NEGERI 10, UNDANG SASTRAWAN SISWA DIWORK SHOP MENULIS SASTRA


KORANPURWOREJO.COM

PITURUH.

Untuk kembangkan bakat siswa dalam berkarya sastra. SMA Negeti 10 Purworejo mengundang sastrawan Sumanang Tirtasujana untuk memberi Work Shop bagai mana kiat cara mudah  menulis karya sastra puisi.

Setyo mulyaningsih, Mpd

Kepala Sekolah SMAN 10 Dra.Setyo Mulyaningsih Mpd .Dalam sambutannya mengatakan. " Bahwa siswa perlu sekali memiliki karakter yang baik. Dan itu bisa didapat dari pengetahuan seni sastra. Disamping itu siswa juga harus mengatahui ilmu yang  berkait dengan cara mencipta karya sastra " ungkapnya.


Acara yang digelar Selasa ( 23/3/2021 )  diikuti sekitar 73 siswa dan guru seni .

Sumanang membeberkan jurus jurus praktis cara menulis puisi. 

Menurutnya menulis puisi yang paling mudah adalah yang berkait dengan kehidupan diri sendiri. Atau kehidupan disekitar kehidupan kita. 


Bahkan Sumanang juga membeberkan bahwa menjadi penulis itu menyenangkan serta mendapat tempat dimata publik. Bahkan oleh negara dihargakan. Apalagi diera literasi dan digitalisasi ini pemerintah sedang gencar gencarnya melakukan budaya literasi.

Sumanang lalu menularkan jurus jurus paling gampang nulis puisi. 

  " Maka ayo berkarya sastra, harus kita mulai sejak dini" Ajak Sumanang.

Rina Rafitasari,Spd

Sementara menurut  Rina Rafitasari.Spd guru SMA Negeri 10, " Work Shop  diharapkan anak akan lebih terasah nurani dan karakternya.

 Menjadi pribadi yang peka terhadap apa yang ada di sekitar mereka, mampu mengungkapkan apa yang dia pikir dan rasakan dalam sebuah tulisan yang indah dan syarat makna.

 Work Shop yang digelar , menurut Rina, karena siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan ide idenya untuk jadi puisi.

" Yang dihadapi bagi penulis pemula, dari hasil ngobrol bersama siswa, anak punya ide, tapi bingung menuliskannya menjadi rangkaian kata-kata  puisi yang indah" Ujar Rina.

Dian Ratriningsih, Spd

Diimbuhkan oleh Dian Ratriningsih , Spd  " Siswa yang terlibat diantaranya. Seluruh anggota LENTERA Media Smandasa , ada 31 yang wajib ikut. Kemudian ditambah perwakilan kelas x dan xi masing-masing kelas 4 (13x4)=42. Jadi jumlah total ada 31+42=73 siswa.


Sementara peserta , Dwi Riski Yuliati, dirinya mengaku jadi tambah wawasan. " Ternyata menulis puisi itu mengasyikkan dan  ada cara yang lebih mudah " Akunya.

Peserta Dwi Riski

Dalam Work Shop tersebut, setelah mendapat cara praktis nulis puisi. Siswa langsung pratek menulis puisi. 

Ternyata hasilnya menunjukkan arti positip. Terbukti puisi yang dihasilkan panjang panjang.

Menurut Sumanang  hal itu bukti siswa tidak macet dalam membahasakan ide kreatifnya.

"Bisa menulis puisi panjang dari tematik yang sudah dipilih adalah modal utama bagi calon penulis. Selanjutnya tinggal terus tekun berkarya jangan sekali sesudah itu berhenti " tandas Sumanang.


(Teguh Firman).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAYANGAN HALAMAN

IKLAN REDAKSI