OLAH RAGA REKREASI , BERSEPEDA BISA MENINGKATKAN KWALITAS HIDUP - KORAN PURWOREJO

Breaking

Kamis, 25 Maret 2021

OLAH RAGA REKREASI , BERSEPEDA BISA MENINGKATKAN KWALITAS HIDUP


KORAN PURWOREJO.COM

Pada Rubrik 'Gaya Hidup ' kali ini menurunkan tulisan berkait dengan manfaat olah raga sepesa. Belakangan ini, banyak orang memilih sepeda untuk berolahraga. Meski pandemi masih mewabah, banyak yang menganggap bersepeda lebih mudah dan menyenangkan. Karena olah raga sambil rekreasi.

Memang, bersepeda dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental, serta mampu mengurangi kemungkinan mengalami banyak masalah kesehatan. 

Dengan bersepeda, Anda bernapas lebih dalam, berkeringat, dan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang pada akhirnya akan meningkatkan tingkat kebugaran secara keseluruhan.

Lies Nis Sofiani pandemen olah raga sepeda.

 Berikut manfaat sehat dari bersepeda yang mungkin belum Anda tahu.


 Manajemen Berat Badan

Bersepeda, terutama pada intensitas tinggi, membantu menurunkan kadar lemak tubuh, yang mendorong manajemen berat badan yang sehat. Metabolisme pun akan meningkat dan dan membentuk otot, yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori bahkan saat istirahat.


 Menguatkan Kaki

Bersepeda meningkatkan fungsi keseluruhan di tubuh bagian bawah dan memperkuat otot-otot kaki Anda tanpa terlalu menekannya. Ini menargetkan paha depan, glutes, paha belakang dan betis.

Untuk membuat kaki Anda lebih kuat, cobalah latihan angkat berat, seperti squat, leg presses, dan lunges, beberapa kali per minggu untuk lebih meningkatkan kinerja bersepeda Anda.


 Meningkatkan Keseimbangan Tubuh. 

Saat Anda menstabilkan tubuh dan menjaga sepeda tetap tegak, Anda akan meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur Anda secara keseluruhan.

Keseimbangan cenderung menurun dengan bertambahnya usia dan tidak aktif, jadi penting untuk tetap dijaga. Meningkatkan keseimbangan bermanfaat dalam pencegahan jatuh dan patah tulang.

Rileksasi tangan dan tubuh

 Membantu Peningkatan Kwalitas Hidup

Jika Anda memiliki atau sedang dalam pemulihan dari kanker, bersepeda adalah olahraga yang bisa ditambahkan. Bersepeda juga dapat membuat Anda tetap ramping dan bugar, yang dapat mengurangi risiko Anda untuk jenis kanker tertentu, termasuk kanker payudara.

Menurut penelitian dari 2019 , tetap aktif jika Anda menderita kanker payudara dapat membantu mengurangi efek samping dari pengobatan kanker, termasuk kelelahan serta meningkatkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.


 Meningkatkan Kesehatan Mental

Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi atau kecemasan. Jika Anda merasa lesu atau lelah, bersepedalah setidaknya selama 10 menit. Latihan ini akan melepaskan endorfin, yang pada gilirannya membantu Anda merasa lebih baik sambil menurunkan tingkat stres.

Selain itu, berfokus pada jalan saat Anda bersepeda membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan saat ini.


Istirahatkan kaki tetap lurus


 Olahraga Dengan Dampak Rendah

Bersepeda adalah hal yang mudah bagi tubuh Anda, menjadikannya pilihan yang ringan bagi orang-orang yang menginginkan olahraga intens tanpa menekan persendian. Bersepeda adalah pilihan yang bagus untuk orang yang memiliki masalah sendi atau kekakuan keseluruhan, terutama di tubuh bagian bawah.


Meningkatkan Kualitas Postur Tubuh

Saat Anda menstabilkan tubuh dan menjaga sepeda tetap tegak, Anda akan meningkatkan keseimbangan, koordinasi, dan postur Anda secara keseluruhan. Keseimbangan cenderung menurun dengan bertambahnya usia dan tidak aktif, jadi penting untuk tetap dijaga.


Dari berbagai sumber.Ditulis ulang oleh Sumanang Tirta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAYANGAN HALAMAN

IKLAN REDAKSI