HEBAT, KINERJA BUPATI & WABUP DINILAI SANGAT BAIK OLEH INSPEKTORAT PROPINSI - Koran Purworejo

Breaking










Wednesday, March 24, 2021

HEBAT, KINERJA BUPATI & WABUP DINILAI SANGAT BAIK OLEH INSPEKTORAT PROPINSI



KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO.

Bupati/Wakil Bupati Purworejo yang menjabat selama periode 2016 hingga 2021, mendapat predikat kinerja sangat baik. Kinerja ditunjukkan dari beberapa aspek yang dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Purworejo. 

Hal itu disampaikan Inspektur Provinsi Jawa Tengah Hendri Santoso SE Ak MSi CA CFrA CRP saat memaparkan hasil pemeriksaan Akhir Masa Jabatan Bupati Purworejo, di ruang Arahiwang Setda Purworejo hari ini Rabu (17/3). Hadir Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH, didampingi Sekda Drs Said Romadhon, Inspektur Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA, dan sejumlah Kepala Perangkat daerah.

Lebih lanjut Hendri Santoso mengatakan, dalam RPJMD 2016-2021 terdapat 162 Indikator Kinerja Daerah (IKD), dan mendapatkan nilai 91,40. Sehingga mendapat predikat kinerja sangat baik, yang meliputi aspek kesejahteraan masyarakat, daya saing, dan pelayanan umum. 

Pada aspek kesejahteraan masyarakat, ada 23 IKD pada RPJMD dengan hasil rata-rata capaian kinerja sebesar 87,92. Daya saing ada 10 IKD dengan hasil rata-rata capaian kinerja sebsesar 96,44. Dan pelayanan umum ada 129 IKD dengan hasil rata-rata capaian kinerja sebesar 90,57. 

“Dari ketiga aspek tersebut Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam merealisasikan kinerja mencapai skor 91,40, dimana skor 90 sampai 100 itu sangat baik. Ini menunjukan predikat kinerja sangat baik,” ujar Hendri Santoso.  

Dijelaskan, dalam melaksanakan pemeriksaan AMJ bertujuan untuk mengevaluasi target capaian dan kinerja bupati dan wakil bupati atas visi misi yang dituangkan dalam RPJMD.  Sasarannya kinerja capaian RPJMD tahun 2016-2021 dari indikator kinerja daerah yang meliputi aspek kesejahteraan masyarakat aspek daya saing daerah dan aspek pelayanan umum.  

Wakil Bupati Yuli Hastuti mengapresiasi paparan dari Inspektorat Provinsi Jawa Tengah yang telah memberikan penilaian kinerja secara obyektif dan jelas. Ini akan menjadikan penyemangat untuk jajaran Pemkab Purworejo untuk terus lebih baik. Termasuk akan memperbaiki yang kurang sempurna.

Menurut Wabup, hasil yang bagus bisa dicapai karena kerjasama dari semua OPD dan komunikasi yang dijalin secara intens dengan kepala daerah untuk memaksimalkan dalam merealisasikan visi misi Pemkab.  “Pada periode kedepan diharapkan, kita melaksanakan bareng-bareng  dengan semua OPD. Terutama dalam merealisasikan kinerja dari berbagai aspek pembangunan. InsyaAlloh akan mencapai lebih dan lebih bagus untuk kepentingan semua masyarakat kabupaten Purworejo,” harapnya. 

Sementara itu Sekda Said Romadhon merespon hasil paparan tersebut dengan langsung menggelar rapat pimpinan. “Rapim akan kami laksanakan siang ini sebagai upaya untuk mempercepat penyempurnaan RPJMD.   Mengingat RPJMD dalam waktu dekat akan segera diajukan ke DPRD,” jelasnya.

( As/Nang)

No comments:

Post a Comment