TIPS PERAWATAN IKAN, BAGI ANAK MELENIAL PECINTA IKAN CHANNA - KORAN PURWOREJO

Breaking

Jumat, 26 Februari 2021

TIPS PERAWATAN IKAN, BAGI ANAK MELENIAL PECINTA IKAN CHANNA




Ikan Sirip gondrong sehat milik Rizki Ramadhan Tapen Pituruh.( foto dok).

PURWOREJO

KORANPURWOREJO.COM

Banyak anak melenial kini mencintai ikan piaraan. Bahkan jadi gaya hidup model baru yang bisa menciptakan ruang bisnis diantara mereka.

 Ada yang mengatakan bahwa ikan Channa Marulioides itu ikan yang susah dipelihara. Padahal sebenarnya, asal kamu tahu cara merawatnya, ikan Channa Marulioides,  termasuk ikan mudah.


 Ikan Channa Marulioides merupakan salah satu ikan hias air tawar yang cukup populer di Indonesia. 

 Ikan ini punya nama lain yaitu Gabus Emperor. Ciri khasnya adalah warna kombinasi antara hitam dan kuning dengan corak bunga teratainya.

Ika milik Rizki Ramadhan Tapen Pituruh Purworejo ( foto Dok)

Buat  kamu  kamu yang pemula, cermati tips merawat ikan Channa Marulioides ini. Sekalugus mendesain tempat habitatnya supaya menarik.


A. Dekorasi tanaman udara

Untuk membuat ikan ini nyaman dengan pengelolaan dekorasi berupa tanaman udara. Tanaman airnya pun bebas kamu pilih.

Dan jangan lupa, tidak hanya tanaman air saja ya, lengkapi dekorasi lainnya. Seperti pasir, batu-batuan, sampai kayu. Pokoknya semakin mirip dengan dekorasi seperti menerapkan habitat, maka semakin nyaman pula si ikan Channa Marulioides tersebut hidup di aquarium.


B. Beri makan ikan kecil

Tips dengan makan makanan berupa ikan kecil. Seperti yang kamu ketahui kalau ikan Channa Marulioides alias Gabus Emperor adalah salah satu ikan predator yang cukup garang.

Saat naik Channa Marulioides, kamu bisa mendapatkan makanan ikan-ikan kecil contohnya seperti ikan Molly, Lele, Cere.

Namun baiknya berupa ikan yang masih hidup. Selain lebih fresh, tentu skill berburu dari ikan Channa Marulioides ini diuji dan dikembangkan. Sehingga insting predator alaminya tidak hilang.


C. Pemilihan tankmate

soal pemilihan tankmate. Kalau kamu pelihara ikan Channa, maka tidak bisa sembarangan dalam memilih tankmate.

Saat ikan Channa Marulioides masih kecil, mungkin kamu bisa lebih leluasa untuk memilih tankmate. Kenapa begitu? Itu karena Channa Marulioides saat kecil masih cenderung tenang dan tenang.

Namun ketika Channa Marulioides sudah mencapai kematangan seksual, ikan ini bakal agresif. Pada saat ini Channa Marulioides dapat dipelihara sendirian saja. Kamu mengerti?


D. Latar belakang yang pas

Pada tips yang keempat ini lebih bertujuan untuk mempercantik tampilan sehingga yang melihatnya jadi lebih enak.

Untuk latar belakang terapkannya kamu bisa menggunakan warna antara hitam, hijau, dan biru. Warna background yang hitam membuat tampilan tegas dan lebih mencolok untuk si ikan Channa Marulioides. 

Sedangkan warna hijau lebih berkesan natural dan warna biru lebih akuatik serta segar.

E. Pemakaian lampu

 Sama seperti tips keempar, tips kelima ini lebih berorientasi pada penampilan dan estetika. 

Jadi selain menambahkan latar belakang, jangan lupa juga untuk menambahkan lampu.

Lampu yang kamu pakai bisa berupa lampu UV. Untuk warna mungkin akan lebih cocok jika warna putih. Selain lebih terang, cahaya warna putih atau kuning cerah , pada lampu UV juga lebih netral. 


Jangan lupa, jika anda pemula, kalian juga akan lebih baik bergabung dengan grup medsos penggemar ikan dikotamu. Disitu kalian akan banyak pelajaran. Termasuk perkembangan harga.

( Roh/ Nang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAYANGAN HALAMAN

IKLAN REDAKSI