BONSAI BONSAI UNIK, MILIK HABIB HASAN, PONDOK BULUS GEBANG, MENARIK - KORAN PURWOREJO

Breaking

Rabu, 24 Februari 2021

BONSAI BONSAI UNIK, MILIK HABIB HASAN, PONDOK BULUS GEBANG, MENARIK



KORANPURWOREJO.COM 

GEBANG,

Membicarakan  tanaman bonsai dengan berbagai macam seninya. Ternyata bonsai  masih eksis dan ng-hits di kalangan level strata sosial apapun. 


Bagi para pencinta Bonsai, ada kabar unik buat kalian. Ternya di Ponpes Bulus Gebang juga mengolekasi banyak bonsai.

Tanaman bonsai  ternya juga memikat banyak orang. Termasuk Kyai Habib Hasan. Kecantikan bonsai  selalu membuatrasa ingin tahu bagi siapapun.

Dengan bentuk dan keunikannya yang bermacam-macam. 

Bahan bonsai sedang digarap oleh Hen Hen


Dari pengamatan KoranPurworejo, bonsai  milik Habib Hasan tampak sudah puluhan tahun. Ada dari pohon serut, kemuning juga banyak jenis lain.


Di Purworejo, penghobi bonsai bisa tergabung dalam komunitas Bonsai Mania Puroworejo. Salah satunya He Hen  (Kencleng) si- perawat bonsai milik Habib Hasan. Sejak lulus Sekolah, ia disibukkan oleh pekerjaan merawat bonsai milik pemilik pondok pesantren ternama di Purworejo itu. 


"Kalau di Kabupaten Purworejo, Komunitasnya dinamai Bonsai Mania Purworejo yang di ketuai oleh Kelik asal Kaliurip, Purworejo," kata Hen hen kepada Koran Purworejo  Rabu (24/2/2021). 


Pengakuanya, merawat bonsai dibutuhkan ketelatenan ekstra. Sebab, selain menunggu bonsai tumbuh, juga harus memperhatikan media tanam. Agar nantinya media tanam atau pot itu bisa mencukupi kebutuhan makan tanaman bonsai. 


Dia merawat bonsai milik Habib Hasan dari berbagai jenis. "Seperti Ileng-ileng, krakas, kimeng, iprik, beringin dan bebagai jenis serut," Ujar Hen hen 


"Beda jenis pohon/tanaman bonnsai beda cara perawatannya, dan tanaman bonsai kalau sudah jadi dan siap dimasukan pot sudah harus ekstra perawatan. Terus kalau mau ada kegiatan kontes, perawatan yang dibutuhkan lebih extra lagi merawat bonsainya," ungkapnya 


Dia menambahkan, " Pohon / tanaman untuk dijadikan bonsai ada yang mengambil dari boggol (dangkel) pohon dari alam. Ada juga yang budidaya mencangkok, stek, persilangan," ujarnya 


Tanaman Bonsai milik Habib Hasan di rawat penuh oleh Hen hen selama ini memilih hasil budidaya. Sebab tidak merusak alam, karena mengambil dari alam. Kalaupun mengambil itu pun boggol, dijadikan hiasan tanaman bonsai. Sehingga keberadaan pohon tetap terjaga dan alami tumbuh. Pungkas hen hen 


Hen hen sering diundang kalau ada kontes Bonsai menjadi Juri perlombaan, adapun perlombaan sudah banyak yang dia ikuti seperti perlombaan di tingkat luar kabupaten Purworejo, bahkan tingkat Nasional. 

Anda tertarik ? Atau mau belajar bahkan turut di komunitaa bonsai. Silakan datang di Ponpes Bulus temui Hen Hen. Anda akan dapat pencerahan. ( Rohadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAYANGAN HALAMAN

IKLAN REDAKSI