PEMUDA KREATIF BUDIDAYA IKAN GUPYY , TIAP MINGGU RAUP UNTUNG SAMPAI RP 1 JUTA. - KORAN PURWOREJO

Breaking

Kamis, 17 Desember 2020

PEMUDA KREATIF BUDIDAYA IKAN GUPYY , TIAP MINGGU RAUP UNTUNG SAMPAI RP 1 JUTA.



KORANPURWOREJO.COM

Pituruh - Di tengah pandemi COVID-19, banyak orang jadi tertantang untuk menghadapi hidup. Tak pelak banyak pula muncul ide kreatifitas . Sebagaimana warga di Desa Megulunglor Kecamatan Pituruh ini. Ia melakukan berbagai cara untuk bisa bertahan. Salah satunya dengan budidaya ikan Guppy. 


Ikan Guppy sejenis spesies ikan hias air tawar yang cukup populer. Tidak seperti ikan Cupang, ikan Guppy mudah menyesuaikan diri dan beranak-pinak. Di banyak tempat, di Indonesia ikan ini telah menjadi ikan hias tapi juga berdaya jual tinggi terutama di masa pandemi. 


Aji Warga Desa Megulung Lor, Kecamatan Pituruh Kab Purworejo kegolong kreatif.  Pemuda satu  ini, mencoba budidayakan ikan Guppy, ikan Cupang dan Pelet (pakan ikan hias). Lewat budidaya ikan hias tersebut Aji bisa meraup untung hingga Rp 500- 1.000.000 juta Seminggu, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Hanya dengan menggunakan tempat dalam rumah dan lahan samping rumahnya, ia sulap menjadi tempat budidaya ratusan ekor ikan Guppy dari 10-15 jenis. 


"Hidup di Kampung bermodalkan hobi semoga bisa bermangfaat untuk para pengemar Guppy dan Cupang, karena di Kabupaten lain sudah banyak kontes-kontes yang diadakan. Mungkin Purworejo bisa menyumbangkan acara Kontes-kontes ikan Guppy dan Cupang". Kata Aji 


Dia dulunya belajar mengelola budidaya ini ketia masih berada di bandung sekitar dua tahunan ia mencoba mengembangkan di kampungnya sendiri, walau di kampung jangkauan jualan bisa luar kota seperti di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jabodetabek, dan wilayah Jawa umumnya dengan mengunakan jasa pengiriman. 


"Selain membudidaya Aji juga menyediakan pakan pelet (pakan ikan) dan Pengrajin aquarium. Kepusan pelangan prioritas utama bagi beliau selagi bisa ketemu beliau sangat welcom di rumahnya." Pungkas Aji . ( Rohadi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TAYANGAN HALAMAN

IKLAN REDAKSI