PERINGATI HKN Ke-56 RSUD Dr.TJITROWARDOYO BERTEKAT SELAMATKAN MASYARAKAT DARI PANDEMI COVID -19. - Koran Purworejo

Breaking










Thursday, November 12, 2020

PERINGATI HKN Ke-56 RSUD Dr.TJITROWARDOYO BERTEKAT SELAMATKAN MASYARAKAT DARI PANDEMI COVID -19.



KORANPURWOREJO.COM

Purworejo 

Kamis 12 November 2020, bertepatan dengan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 Tahun 2020, RSUD Dr. Tjitrowardojo lakukan serangkaian kegiatan bertempat di Poliklinik RSUD, tepatnya didepan Klinik Mata.


Kegiatan ini diikuti oleh pasien dan pengantar, tidak hanya yang sedang berobat di Klinik Mata saja tetapi juga dari klinik Kandungan dan Kebidanan, Klinik Kulit dan Kelamin, Klinik Bedah Orthopedi, dan juga klinik-klinik lainnya yang kebetulan belum mendapat giliran dipanggil untuk pemeriksaan dan juga panitia serta petugas poliklinik sejumlah 65 orang.


Tema Hari Kesehatan Nasional tahun ini adalah Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat. Peringatan HKN ke-56 ini berbeda dari tahun sebelumnya. Pandemi COVID-19 yang melanda sebagian besar dunia juga dirasakan oleh Indonesia.

 "Tema ini merupakan seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan segenap komponen masyarakat untuk terus bertekad dan berjuang keras menyelamatkan bangsa di masa pandemi COVID-19," Sebagaimana disampaikan oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat dr Kirana Pritasari, M.QIH selaku Ketua Umum HKN ke-56, dalam Buku Panduan HKN ke-56.


Guna mengenang seluruh pejuang COVID-19 pada Hari Kesehatan Nasional tahun ini, Kemenkes RI melalui akun Instagram juga mengajak masyarakat meluangkan waktu pada hari ini, Kamis, 12 November 2020 pukul 12.00 WIB untuk bertepuk tangan bersama secara serentak selama 56 detik.


Di RSUD Dr. Tjitrowardojo Purworejo, rangkaian kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Ka. Subbag. Hukmas Leli Dewi Pramudyani, SKM, MM yang mengajak seluruh peserta yang hadir untuk melakukan gerakan hidup sehat yang berarti Peduli Sesama Saling Menjaga: 1) menggunakan selalu masker,  2) mencuci tangan, 3) menjaga jarak kontak fisik, 4) menghindari kerumunan,   5) menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh: rajin olahraga, istrahat cukup, dan makan makanan bergizi seimbang. 


Dilanjutkan pendidikan kesehatan kepada pasien dan pengunjung oleh Dokter Muda Fakultas Kesehatan dan Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (FKIK-UMY) dengan judul “Penyuluhan Kesehatan Tentang Glaukoma dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional Ke-56”. Antusias peserta sangat tinggi terbukti banyaknya peserta yang bertanya dalam sesi diskusi. Bagi peserta aktif juga disediakan doorprize menarik.


Acara selanjutnya adalah pembagian masker gratis kepada seluruh peserta kegiatan. Masing-masing peserta mendapat 1 masker medis.


Penutupan kegiatan dilakukan oleh Kepala Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit dr. Grenti Lavianasari, Sp.Rad. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada Para Petugas Kesehatan RSUD Dr. Tjitrowardojo dengan melakukan gerakan tepuk tangan selama      56 detik, semoga menjadi penyemangat bagi para petugas kesehatan RSUD         Dr. Tjitrowardojo untuk bekerja lebih baik dan lebih semangat lagi. ( By-sts).

No comments:

Post a Comment