DORONG INDUSTRI RUMAHAN, DIGELAR PELATIHAN MEMBATIK DI KENDALREJO PITURUH - Koran Purworejo

Breaking

 






Saturday, November 21, 2020

DORONG INDUSTRI RUMAHAN, DIGELAR PELATIHAN MEMBATIK DI KENDALREJO PITURUH


KORANPURWOREJO.COM.

Pituruh -Purworejo.

Pelatihan Indonesia Membatik dari Balai Diklat Industri Jakarta Angkatan 4 Tahun 2020 Kementrian Perindustrian RI, dilaksanakan di Pituruh Purworejo dibuka dan dimulai hari   Jum'at (20/11/2020 pukul 13.00 WIB).


  Bertempat di Balai Desa Kendalrejo, Kecamatan Pituruh Kab. Purworejo ,Pelatihan ini akan digelar selama 18 hari mulai Jum'at, ( 20 Novoember hingga 10 Desember 2020) . Dengan 50 peserta, terbagi dua kecamatan dan 7 desa yaitu kecamatan Butuh terdiri Desa Binangun, Desa Kedungagung, Desa Kedungsari dan Desa Langenrejo. 

Sementara untuk Kecamatan Pituruh Terdiri Desa Kendalrejo, Desa Sikambang dan Desa Megulunglor di wilayah Kabupaten Purworejo.


Melalui LPK Rajasa Cilacap sebagai Pelaksana Balai Diklat Industri Jakarta Kementrian Perindustriaan tahun 2020. Edhi Suparman mengatakan,


"Pelatihan ini sebagai wujud menciptakan warga masyarakat yang mampu mengembangkan skill kemampuan dibidang batik tulis dan gratiiiiiissss" ucapnya.


"Dengan adanya pelatihan ini, bisa mencetak kader muda dibidang batik tulis sekaligus mencetak Pengusaha Pemula Muda  Batik khususnya diwilayah kabupaten Purworejo.


Camat Pituruh Yudhie Agung Prihatno,SSTP  sangat mengapresiasi adanya kegiatan pelatihan batik tulis yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Industri Jakarta Kementerian Perindustrian RI.


"Ini merupakan salah satu program bantuan pemerintah dalam bentuk pemberdayaan kepada masyarakat di tengah pandemi covid-19. " ucapnya.

"Melalui pelatihan ini peserta harus mampu menguasai ilmu yang diberikan oleh instruktur dan terampil membatik usai pelatihan, serta berpikir out of the box sebagai pengusaha agar sukses. " kata Yudhie


Ia menambahkan bahwa harapannya bisa dilanjutkan dengan berbagai macam pendampingan .  Peserta dapat mandiri baik sebagai pengrajin batik atau bahkan sebagai pengusaha batik.


Kepala desa Kendalrejo Sutoyo, berharap  pelatihan ini nantinya bisa bermanfaat bagi peserta Diklat dan bisa menumbuhkan semangat kewirausahawan menuju kemandirian menghasilkan home industri di desa masing-masing. (R, STS).

No comments:

Post a Comment