PITURUH DIDERA MUSIBAH LONGSOR, BEBERAPA RUMAH ROBOH. - Koran Purworejo

Breaking

 






Sunday, October 25, 2020

PITURUH DIDERA MUSIBAH LONGSOR, BEBERAPA RUMAH ROBOH.





KORAN PURWOREJO.COM

Pituruh, Purworejo.

Hujan malam Senin disertai petir dan angin  ( 25/10/2020) di Purworejo bagian barat. Khususnya di Wilayah Kecamatan Pituruh Purworejo. Akibatkan Tanah longsor di Dusun/Pedukuhan Pencil, Ds. Kalijering Kecamatan Pituruh. Mengakibatkan 7 rumah rusak berat dan jalan  Dusun Kaluduren-Gupit tertutup tanah longsor. 1 orang cedera kepala, dan sudah dibawa ke RSUD Prembun. Disamping itu 15 jiwa mengungsi di tetangga. Demikian dikatakan Suroyo Kades Kalijering.



Sementara  di Desa Brengkol mengalami banjir, posisi air rata-rata 1 meter, sudah masuk ke rumah warga (mulai pasar Brengkol ke utara sampai dengan sekitar Balai Desa (Dusun Putihan) .


Tanggul Kali lesung, lokasi sebelah barat SD Pekacangan Pituruh, jebol sehingga terjadi banjir di desa petuguran dan pekacangan setinggi 40 sd 50 cm



Dijelaskan oleh Capat Pituruh Yudhi Prihantono. S.STP.

Tidak hanya itu. Desa Sawangan Pituruh jalan jalan  desa sulit diakses karena longsor dan banjir, air mulai menggenangi jalan desa dan 1 dapur terkena tanah longsor. 


Sementara di desa  Kaligintung longsor ada 3 titik , dalam laporan kerusakan, pagi ini masih dalam pendataan. Belum dapat terjangkau . Karena akses jalan rusak.Di Desa  Kedungbatur ada 3 titik longsor.  Rumah ibu siti fatimah RT 02/RW 01Depan rumah Bp Tugino RT 02/RW 01. Akses jalan depan kelongsoran tanah dari bukit atas rumah. Rumah Bp maniso RT 01/RW 01. Kelongsoran tebing atas rumah.

Sementara  Tanah longsor yang menimbun rumah pak Paiman dukuh silempung RT.01 RW.02 Desa somogede tidak ada korban jiwa kerugian material sekitar rp.25 juta. 


Longsor juga terjadi di dukuh trukan kidul RT.01 RW.06 menimpa jalan raya tidak ada korban jiwa..

 Selain itu di Desa Prapaglor Jembatan panjang puluhan meter jadi  bengkok.

Yaitu fungsi penghubung Klimparan ke Bojongan utk menyebrangi sungai kedung gupit



Di Desa Polowangi Talud roboh, longsor menyebabkan rusak ringan 1 rumah warga kerugian lemari dan  alat pertukangan .


Juga diperoleh keterangan dari Kapolsek Pituruh, Iptu Sapto Hadi, SH di Desa Sawangan Pituruh jalan jalan  dalam desa sulit diakses karena longsor dan banjir, air mulai menggenangi jalan desa dan 1 dapur terkena tanah longsor.


Camat Pituruh Yudhi Prihantono, langsung menuju lokasi kejadian.  Menurutnya, kerugian belum bisa diterka, karena sedang diinfentarisir. Namun diperkirakan  mencapai jumlah yang sangat besar. 

Sementara masyarakat dengan peralatan seadanya, sudah melakukan tindakan ,dipimpin langsung Kades masing masing telah  mengatasi secara gotong royong. ( sts).

No comments:

Post a Comment