GANJAR PRANOWO MINTA, PUSKESMAS JADI GARDA DEPAN OPTIMALKAN PERANGI COVID -19 - Koran Purworejo

Breaking










Thursday, October 8, 2020

GANJAR PRANOWO MINTA, PUSKESMAS JADI GARDA DEPAN OPTIMALKAN PERANGI COVID -19



KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO


Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH. MIP . Mendorong agar Puskesmas sebagai garda terdepan yang berhadapan langsung dengan masyarakat, dapat membantu mengoptimalkan tracing kasus Covid-19. 


Dirinya juga ingin mendengar langsung kesulitan yang dihadapi Puskesmas dalam upaya mendorong pencapaian target tracing yang telah ditentukan.



“Saya akan mengecek terus apa kesiapan-kesiapan yang sudah kita rapatkan agar kita bisa mengoptimalkan Puskesmas.  Sehingga traffic nya menjadi lebih baik dan akurat. Kemudian wilayah kerjanya menjadi tercover dengan kekuatan frontline yang ada di Puskesmas,” katanya Gubernur Ganjar. 


Hal itu dikatakan Gubernur saat meninjau pelayanan kesehatan Puskesmas Kecamatan Bener  Kabupaten Purworejo. Gubernur juga datang  ke Pituruh , Rabu (7/10/2020).

Turut mendampingi Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Purworejo Ir Yuni Astuti MA beserta Forkopimda Purworejo dan kepala dinas terkait.



Dalam tinjauan Gubernur menilai Puskesmas Bener telah menerapkan pelayanan kesehatan dengan baik. Apalagi ditunjang gedung, fasilitas dan pelayanan yang baik diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang baik.


“Puskesmas Bener perawatannya bagus, bersih, dedikasinya kelihatan, serta terdapat surveilans yang cara bekerjanya dibantu oleh 24 bidan desa. Antara surveilans dengan bidan desa kerjaan kebawahnya juga sudah baik,” katanya.



Dirinya meminta agar surveilans dibantu bidan selain melakukan tracing, sekaligus dapat menyampaikan akan adanya vaksinasi khususnya kepada balita. Perlu juga mengecek apakah adanya gizi buruk atau stunting.


“Satu kabupaten kira-kira 9000 orang hamil. Kalau 9000 orang hamil misalnya ada 1 yang terpapar maka segera seluruh ibu hamil harus dikunci, tidak boleh bertemu banyak orang supaya kandungannya aman,” tandasnya. 

Puskesmas, lanjutnya, diharapkan dapat mengetahui dan mendeteksi dengan tepat kemungkinan terjadinya penularan Covid-19 dimasyarakat. 


 Jika ada kesulitan, diharapkan dapat segera melaporkan sehingga dapat segera dicari solusi agar dapat bekerja dengan baik.

“Puskesmas merupakan front yang paling depan, kalau kita bicara yang dinas tidak akan sanggup. Karena covernya terlalu luas, karena puskesmas merupakan kekuatan dahsyat yang di desain oleh negara, pelayanan kesehatan yang paling depan,” imbuh Ganjar.

( sts).

No comments:

Post a Comment