EMPAT BUMD PURWOREJO, DINYATAKAN SEHAT OLEH DIRJEND BINA KEUANGAN DAERAH KEMENDAGRI - Koran Purworejo

Breaking










Thursday, October 22, 2020

EMPAT BUMD PURWOREJO, DINYATAKAN SEHAT OLEH DIRJEND BINA KEUANGAN DAERAH KEMENDAGRI



Dir PDAM saat berbicara visionirnya kedepan.

KORANPURWOREJO.COM

Purworejo.

Empat BUMD  masing masing , Perumda Air Minum Tirta Perwitasari, Perumda BPR Bank Purworejo, Perumda Aneka Usaha dan Perumda Graha Husada Medika. Mendapat apresiasi bagus dari Dirjen Bina Keuangan Daerah.


“Keempat BUMD ini dan juga BUMD yang sharing saham dengan propinsi, sesuai penilaian KAP dalam Laporan Keuangan tahun 2019 memperoleh predikat sehat dan baik,” 


Hal itu disampaikan Kasubbid BUMD Bidang Air Minum Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Riris Prasetyo ST MKom. Saat bertemu para pimpinan BUMD, di Ruang Bagelen Setda Purworejo, Selasa (20/10/2020). 



Diinformasikan bahwa Pemkab Purworejo mempunyai 4 BUMD yang sahamnya 100 persen dimiliki Pemkab Purworejo dan Badan Hukum sudah disesuaikan dengan PP 54 tahun 2017 tentang BUMD. 


Usai pertemuan, dilaksanakan peninjauan lokasi ke Perumda Air Minum Tirta Perwitasari di kantor pusat dan kantor cabang Purwodadi didampingi oleh Bagian Perekonomian.



Disarankan Oleh Riris Prasetyo , ST. Mkom. " Berbeda dengan perusahaan pada umumnya, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) memang mengemban misi sosial, sehingga harus mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. 

Namun demikian, BUMD harus tetap berupaya meraih keuntungan, dan tidak boleh merugi, ungkapnya.


Dalam  acara yang dibuka Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs Boedi Hardjono, Riris memberikan penjelasan teknis regulasi BUMD.

Ia juga menekankan agar BUMD merubah mindset, dengan tidak bergantung pada bantuan atau hibah. 



“Tingkatkan terus kinerja perusahaan, sehingga tidak perlu bergantung pada bantuan, harapnya” . 


Pada bagian lain ia menekankan agar penyusunan Rencana Bisnis atau Rencana Strategis (peraturan OJK di perbankan) dilakukan setiap lima tahun sekali. 

“Penyusunan dilakukan menyesuaikan pada kepentingan Pemerintah Daerah yang tertuangdalam RPJMD, bukan menyesuaikan pada masa jabatan Direksi,” ungkapnya. 


Setelah para Direktur melakukan pemaparan betkait dengsn visionernya masing masing,  Tim pejabad Dirjend juga melakukan kunjungan lapangan ke Perumda  Air Minum Tirta Perwitasari. Disana rombongan mendapat penjelasan langung dari Ir. Hermawan Wahyu Utomo ,MSi. selaku direktur. ( Sts).



No comments:

Post a Comment