RSUD TYPE C TJOKRONEGORO RESMI BEROPERASI LAYANI PUBLIK - Koran Purworejo

Breaking

 






Tuesday, September 1, 2020

RSUD TYPE C TJOKRONEGORO RESMI BEROPERASI LAYANI PUBLIK



KORANPURWOREJO.COM

PURWOREJO.

UNTUK menambah jumlah fasilitas layanan kesehatan di Kabupaten Purworejo.Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM secara resmi meluncurkan operasional RSUD RAA Tjokronegoro, Senin (31/8/2020).


Gedung Rumah Sakit Umum Daerah Type C RSUD RAA Tjokronegoro ini berada di Kelurahan Borokulon, Kecamatan Banyuurip dan dibangun diatas tanah seluas 19.755 m².



Turut hadir Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, Wakil Ketua DPRD Purworejo Fran Suharmadi, Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SIK SH MSi, Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf Lukman Hakim SSos MSi, beserta perwakilan Forkopimda dan sejumlah Kepala OPD terkait.

“Saya berharap rumah sakit ini mampu memberikan pelayanan yang maksimal. Apalagi diera modern, alat dan fasilitasnya juga harus modern serta tentunya SDM yang profesional,” kata Bupati usai meninjau sejumlah ruangan, alat kesehatan dan fasilitas di RS yang mulai dibangun sejak tahun 2017 itu, ungkap Bupati.


Bupati menegaskan bahwa pihaknya akan terus berupaya agar semua lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten Purworejo dapat terlayani dengan baik dan berkualitas, sehingga dapat mewujudkan Kabupaten Purworejo yang unggul di bidang Kesehatan.

“Saya berharap Purworejo juga bisa menjadi tempat wisata kesehatan, seperti negara Malaysia dan Singapura. Rumah sakit ini harus memiliki kekhasan khusus. Misal untuk pengobatan stroke atau mata terbaik, jadi harus ada unggulannya,” imbuhnya.



Dirinya meminta RSUD RAA Tjokronegoro untuk mempersiapkan diri menuju era disrupsi kesehatan 4.0, dimana pelayanan kesehatan tidak dapat terlepas dari pengaruh kemajuan tekhnologi digital. Kondisi eksisting dan perkembangan lingkungan yang terjadi sepertihadirnya YIA, KSPN Borobudur juga perlu menjadi pertimbangan.


Kepada seluruh karyawan rumah sakit baik dokter perawat maupun tenaga kesehatan Bupati berharap, agar terus bersemangat dalam menjalankan tugasnya memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap yang ramah tulus serta ikhlas. Tentunya dengan tetap melindungi diri dengan sebaik-baiknya, ditengah pandemi Covid-19 saat ini. 


Pengelola rumah sakit juga diminta untuk terus memelihara sarana dan prasarana rumah sakit dengan sebaik-baiknya agar dapat dimanfaatkan secara optimal dan berkesinambungan. Terutama untuk kebersihan rumah sakit agar selalu dijaga sehingga memberikan kenyamanan bagi pelanggan atau pasien.


“Kami berharap RSUD RAA Tjokronegoro menjadi rumah sakit alternatif yang memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” pungkasnya.


Kepala Dinas Kesehatan Purworejo dr Sudarmi MM menjelaskan, RSUD RAA Tjokronegoro terdiri dari 4 lantai dengan pelayanan Unit Gawat Darurat 24 jam. Pelayanan rawat jalan terdiri dari poliklinik penyakit dalam, bedah, obstetri gynekologi, anak, saraf, mata, jiwa, bedah mulut, kulit kelamin serta fisioterapi. 

Pelayanan rawat Inap dengan 102 tempat tidur yang terdiri dari Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, VIP, VVIP dan satu ruangan President Suite. Selain itu juga terdapat pelayanan penunjang medis yaitu instalasi farmasi, laborat, radiologi dan penunjang non medis yaitu IPSRS, gizi, CSSD dan laundry. 

Untuk sumber daya manusia (SDM), lanjutnya, saat ini RSUD RAA Tjokronegoro mempunyai jumlah karyawan sebanyak 135 yang terdiri dari tenaga medis, paramedis, serta tenaga kesehatannya lainnya. 

Meskipun masih banyak sarana prasarana yang harus dibenahi serta SDM yang harus dilengkapi dirinya berharap RSUD RAA Tjokronegoro siap untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 

“RSUD RAA Tjokronegoro, harus siap melayani masyarakat secara paripurna  sesuai dengan visi RSUD Tjokronegoro yaitu menjadi rumah sakit yang handal modern dan berbudaya,” ujar Sudarmi. ( sts).

No comments:

Post a Comment