AGUSTINUS SUSANTO GELAR PENTAS SENI VIRTUAL DI SITUS GUNUNG PENCU. - Koran Purworejo

Breaking

 






Sunday, August 16, 2020

AGUSTINUS SUSANTO GELAR PENTAS SENI VIRTUAL DI SITUS GUNUNG PENCU.

 


KORANPURWOREJO.COM

Pituruh.

BUNG KARNO pernah datang di Situs Gunung Pencu di Desa Ngandagan Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Semalam ( 15 /8/2020 ) menjadi tempat berexpresi para seniman genre tradisionil. Tampak pencipta dan penyanyi lagu campursari Dul Giman, dalang kontemporer Ki Sisilo. Serta tampak hadir pula Dalang perempuan kebanggaam warga Purworejo.Ny Puspitaningrum. Mpd.

Ajang pentas tersebut digelar atas prakarsa putra daerah Ngandagan Agustinus Susanto ( mantan perwira kopasus yang akan berkontestasi di Pilbup Purworejo 9 Desember 2020, diusung Koalisi Gerindra dan PDIP.

Perlu diketahui pembaca, Situs Gunung pencu berupa peninggalan bentuk Gua. Pada pemerintahan Presiden RI pertama. Ir Sukarno pernah datang di Ngandagan menemui sahabatnya Soma Tirta dan singgah di Situs Gunung Pencu untuk sesuatu hal. Yang diketahui oleh Ir Sukarno dan Soma Tirta.


Repertoar yang digelar Sabtu malam minggu (15/8/2020) juga disiarkan online melalui Purworejo Chenel tersebut menyedot banyak pengunjung. Karena masih dalam pandemi, maka pengunjung wajib mengenakan masker.

Dalang Ki Susilo membuka dengan Suluk Kidung Rumeksa Ing Wengi. Dengan lakon Tumuruning Wahyu Setyo .Ditengah pagelaran yang menggunakan tokoh wayang golek. Agustinus Susanto diundang tokoh Cepot. Untuk memberikan wedar sabda.

Agustinus dihadapan publik, mengaku bangga jadi trah warga Ngandagan.


" Ijinkan saya , pamit paìda leluhur saya, atas pencalonan diri saya maju Pilbup 2020.

Kepada leluhur Desa Ngandagan, Mbah Jati Sawit  mBah Kendogo Taruna, mBah Soma Tirta dan Mbah Sastra Utama. Kepada para leluhur, Saya mohon berkahnya. Supaya kabul cita cita saya "   ungkapnya.


Pada kesempatan tersebut Agustinus juga berjanji akan membangun Situs gunung Pencu untuk destinasi dan dijadikan arena publik. "Karena situs Gua Gunung Pencu tidak mendapat perhatian dari pemerintah, ungkapnya.

Agustinus selain, berpidato juga sempat nyanyi dua lagu didampingi Dul Giman.

Dul Giman juga menyanyikan lagu andalannya Ing Purworejo , Pengangguran, dan beberapa lagu lainnya.


Sementara Puspitaningrum, Mpd membawakan lagu jawa Lali Janjine.

Praktis pertunjukan yang bertajuk menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 75 menjadi suatu hiburan yang menarik.

Hadir dalam acara tersebut Bapaslon wakil bupati Kelik Kabuli. Juga Suseno selaku ketua Paguyuban Pakurejo. (Sts).



No comments:

Post a Comment