PANGGUNG KAHANAN, GAGASAN GUBERNUR GANJAR PRANOWO DIPENTASKAN DI PITURUH - Koran Purworejo

Breaking

Sunday, July 12, 2020

PANGGUNG KAHANAN, GAGASAN GUBERNUR GANJAR PRANOWO DIPENTASKAN DI PITURUH


KORANPURWOREJO.COM
PITURUH- Acara Panggung Kahanan #Mositifi Covid 19 gagasan dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Digelar di Rumah Makan Tinora Pituruh dengan mematuhi standar protokol kesehatan sosial distancing. Pagelaran ini disiarkan secara  langsung oleh channel youtube Dinkominfo Kabupaten Purworejo, Minggu 12/7/2020.

Melania Sinaring Putri
Sajikan tari kontemporer

Acara ini menampilkan beberapa Seniman Purworejo antara lain Melania Sinaring Putri dari Sanggar Tari Prigel, Sastrawan Sumanang Tirtasujana, Dalang Putri Purworejo Nyi Dwi Puspita Ningrum, M.Pd.

Meira &Tari kontemporer

 Penari Cilik Cenie Miara dari Sanggar Tari Prigel, Penembang Macapat Davina Sofita Salma, Penari Gambyong  Lengger 
dan Penggiat Seni Tari Ndolalak Kabupaten Purworejo.  Dipandu oleh pembawa acara dan penyanyi dari MC Sucek.
Prascoyo ketua panitia

Ketua panitia Prasojo, mengatakan,
"Panggung Kahanan ini yang memang menampilkan seniman-seniman populer di masa pandemi covid-19 untuk bisa terus berkarya dengan cara menggalang donasi. Dari dana yang terkumpul itu disalurkan kegiatan panggung kahanan disetiap kabupaten dan kota diseluruh jawa tengah. " ucapnya. 

"Untuk panggung kahanan ini utamanya perform tari ndolalak, namun juga menampilkan komunitas penggiat seni dan musisi ndolalak. Dalam perform panggung kahanan kita menampilkan Sastrawan Sumanang Tirtasujana.
Penyair
Sumanang Tirtasujana 

 Dalang Putri Purworejo Nyi Dwi Puspita Ningrum, M.Pd, Melania Sinaring Putri dari Sanggar Tari Prigel dan  Penari Gambyong Lengger. " kata Prasojo.

"Kegiatan ini memang kondisional seperti ini spontanitas dari programnya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pronowo, kami hanya mengajukan dan menghandle di lapangan, untuk kabupaten Purworejo ini baru pertama kalinya. Kegiatan ini sangat kondisional di masa pandemi covid-19 supaya para seniman tetap bisa berkarya. " imbuhnya.

Ia menambahkan,
Program dari Gubernur Jawa Tengah ini sebenarnya ada tiga, yaitu tunjangan untuk para pelaku seniman sakit, kedua film dokumenter dan satunya program live perform secara virtual melalui media online seperti Youtube. Tujuannya untuk mensupport teman-teman seniman di seluruh Jawa Tengah khususnya.
NDolalak gabungan in action

"Kita hanya menginduk dari Panggung Kahanan yang ada di Provinsi. " ucap Prasojo.

Dalang Putri Purworejo Nyi Dwi Puspita Ningrum menambahkan  Pentas ndolalak yang dikemas dengan kegiatan yang lain, seperti wayang kulit, tari dan puisi.
Ini menunjukan adanya kesatuan antar seniman yang ada di Kabupaten Purworejo. Saya berharap untuk lintas kesenian dalam apapun bisa bersatu nyawiji memajukan seni budaya bangsa. " ucapnya.
Mami Titi Prabandari poetri riding

Sementara itu, Sastrawan Sumanang Tirtasujana mengatakan,
"Panggung Kahanan ini cukup bagus dalam pandangan saya, bahwa dikecamatan Pituruh itu jauh dari hiruk-pikuk kesenian. Bahwasannya panggung semacam ini akan membikin orang mengerti lebih banyak tentang ragam kesenian." ucapnya.

"Kecamatan Pituruh secara geografis, sering dianggap marjinal. Karena kecamatan Pituruh 25 km jauh dari Kota Purworejo. Secara umum masyarakat awam hanya sering bersentuhan dengan kesenian  ndolalak, dangdut, jaran kepang, lengger dan seni rakyat lainnya.
Dyah in action

Apalagi panggung kahanan ini menampilkan genre lain yaitu menampilkan koreografer kontemporer, seniman  yang pernah tampil diluar negeri. " Kata Sumanang.

Uniknya dalam panggung kahanan memberikan ruang juga untuk sastrawan.  Ini bisa memberikan pengetahuan kepada warga masyarakat tentang apa itu sastra. 

Ia menambahkan bahwa sastra itu salah satu dunia pemikiran, tetapi bisa tampil bersama dengan kesenian lainnya seperti ndolalak.  Padahal  sebenarnya sastra itu tidak identik dengan dunia pertunjukan, tapi sastra itu dunia pikiran dan perenungan.

 "Kegiatan ini bagus, karena melibatkan berbagai genre kesenian diwilayah Purworejo." pungkasnya. (Lut)

2 comments:

  1. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    ReplyDelete
  2. Nama..Brian Günter Haugen
    Tinggal di ..... Rhine-Westphalia
    Utara Profesion ...... ahli perniagaan
    Jumlah pinjaman .... € 250,000
    Faedah pinjaman .... 1%
    Agama: Katolik E-mel saya untuk setiap ekuire; brianhuagen101@gmail.com Dikatakan bahawa hidup hanya dapat dinikmati sepenuhnya jika ada penderitaan dan keperitan. Saya gembira dan bersyukur kerana saya bersama Mizuho Bank, Ltd. Branch Düsseldorf menerima pinjaman sebanyak € 250,000 dalam akaun bank. Adakah anda seorang lelaki atau wanita yang telah memohon pinjaman dan telah ditolak oleh bank anda? Saya ingin memberitahu anda hari ini bahawa anda boleh mendapatkan pinjaman dari syarikat dalam talian terbaik dan anda tidak perlu mengisi banyak dokumen, mereka juga mempunyai kadar faedah 1% yang baik. Saya diperkenalkan dengan SYARIKAT PINJAMAN AASIMAHA ADILA oleh seorang rakan yang telah menerima pinjaman daripada mereka. Saya memerlukan wang tunai dan pergi ke bank saya. Mereka memberitahu saya bahawa kerana kredit buruk saya tidak layak mendapat pinjaman, dan kadar faedah bank tinggi. Saya gembira sekarang kerana dapat membina perniagaan besar impian saya. Pembayaran saya akan bermula tidak lama lagi. Berhentilah membuang masa dengan bank perdagangan dengan kadar faedah yang tinggi dan terapkan AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM untuk mendapatkan dana pinjaman anda. Mereka sangat pantas mendapatkan pinjaman yang diluluskan dan memberi kredit ke akaun anda pada hari yang sama dengan permohonan. Tidak, terlalu banyak proses dan prosedur yang terlibat, seperti halnya bank. Syarikat pinjaman tidak tahu bahawa saya berkongsi berita baik ini. Anda boleh menghubungi mereka melalui e-mel. Mohon sekarang ..... (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) E-mel saya untuk setiap ekuire; brianhuagen101@gmail.com

    ReplyDelete