BELA RAKYAT KECIL, PRODUK UMKM HARUS MASUK SWALAYAN - Koran Purworejo

Breaking

Wednesday, July 22, 2020

BELA RAKYAT KECIL, PRODUK UMKM HARUS MASUK SWALAYAN



KORANPURWOREJO.COM
PURWOREJO.
“Saya minta UMKM yang difasilitasi Dinas KUKMP, dapat terus meningkatkan kerjasama bisa masuk di swalayan, sehingga memiliki jangkauan penjualan yang lebih luas,” kata Wakil Bupati Yuli Hastuti , SH

Dikatakan saat membuka Diklat peningkatan SDM kewirausahaan pelaku UMKM, di Balai Kelurahan Sucen Jurutengah Rabu (22/7). Hadir pula Kepala Dinas KUKMP Drs Bambang Susilo beserta sejumlah pejabat, sekretaris Bapermasdes Anas Naryadi SH MM, dan Kepala Kelurahan Sucen Jurutengah Bambang Subiyanto SIP.

Lebih lanjut Yuli Hastuti mengharuskan , produk yang sudah masuk UMKM,perlu terus memperbaiki kualitas dan kemasan produk, supaya bisa disejajarkan dengan produk lain di swalayan. 

Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH mengatakan, pemerintah terus berjuang agar UMKM bisa berkembang, dengan memberi fasilitas baik dalam permodalan, peningkatan  sumberdaya manusia, hingga pemasaran dan bekerjasama dengan sejumlah swalayan. 

“Salah satunya melalui pelatihan ini, seakaligus untuk mengatasi kemiskinan. Saya berharap jangan hanya sekedar ikut pelatihan, tapi ditekuni dan ditindaklanjuti. Pemerinatah Kabupaten Purworejo akan terus mendampingi dan memantau perkembangan UMKM,” tuturnya.    

Dikatakan, masa pandemi Covid-19 saat ini, semua sektor kehidupan mengalami persoalan Termausk bidang ekonomi, mengakibatkan banyak perusahaan yang tutup, sehingga banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan.  “Namun saya berharap, UMKM akan tetap mampu bertahan seperti pada saat krisis moneter beberapa tahun lalu. Untuk itu diperlukan berbagai terobosan guna mendukung eksistensi keberlanjutan usaha.

 Antara lain dengan mengoptimalkan pemasaran secara daring, inovasi produk sesuai selera pasar, efisiensi biaya produksi sesuai kebutuhan dan memperbanyak promosi melaui jejaring,” harap Yuli Hastuti.

Sementara itu Bambang Susilo menjelaskan, penyelenggaraan pelatihan sebagai tindak lanjut kegiatan tim penanggulangan kemiskinan daerah (TPKD) Kabupaten Purworejo Kemiskinan merupakan permasalahan yang terjadi secara nasional, di Kabupaten Purworejo terdapat 53 desa yang menurut data statistik tingkat kesejahteraan warganya masih rendah. 
Di Kecamatan Bayan terdapat 1 kelurahan yang mengalami penurunan kesejahteraan soaial yakni  Sucenjurutengah. Sedang lainnya  Pekutan, Sambeng, Pucangagung. Adapun tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan upaya kesejahteraan yang masih rendah agar lebih meningkat melalui usaha kecil mikro yang ada di kelurahan.( sts)

No comments:

Post a Comment