Agung Si-Pencipta Robot Dapat Penghargaan Rp10 Juta dari Bupati. - Koran Purworejo

Breaking

Thursday, March 5, 2020

Agung Si-Pencipta Robot Dapat Penghargaan Rp10 Juta dari Bupati.


PURWOREJO
(KORANPURWOREJO).
Remaja kreatif asal Kelurahan Kledung Karangdalem, Kecamatan Banyuurip. Menerima  penghargaan berupa uang Rp 10 juta dari Bupati Agus Badyian. SE MM. Diserahkan pada acara pembukaan Pameran Foto Pembangunan dan Dokumenter, di Paseban Alun-alun Purworejo, Kamis (5/3) malam.

Lulusan SMK Negeri 1 Purworejo tahun 2019 itu  mencuat namanya. Setelah menciptaksn robot.  Juga pernah viral melalui kreativitasnya membuat Helm Anti Maling saat masih sekolah.

Pada kesempatan itu Agung mempraktikkan cara kerja robot ciptaannya dalam membuat telur dadar mini di depan Bupati dan pejabat lainnya.  Disambut dengan penuh heran dan gelak tawa. Agung didampingi ibunya, Praptining Utami yang  keseharianya penjual telur dadar.

Dengan hanya menekan sebuah tombol, robot bergerak menuangkan adonan ke dalam cetakan panas secara otomatis. Dan dalam waktu singkat jadilah telur dadar mini kesukaan anak-anak sekolah.

Praptining Utami mengungkapkan, dengan bantuan robot itu ia merasa sangat terbantu. Pasalnya, ia tidak lagi bersusah-susah menuang adonan ke dalam cetakan seperti sebelumnya.

Bupati Agus Bastian mengatakan, penghargaan diberikan bukan semata-mata kreativitas Agung dalam membuat robot, tetapi juga karena robot itu dibuat untuk mempermudah ibunya dalam berjualan telur dadar mini.

“Mudah-mudahan tanda tresna dari saya bisa untuk membuat robot-robot berikutnya,” tandas Bupati.

Bupati berharap Agung tidak perlu bekerja, melainkan mengembangkan kemampuannya dalam menciptakan robot. Sebab, jika bekerja, kata Bupati, justru kemampuan Agung tidak terpakai..
Ketika ditanya oleh Bupati biaya untuk membuat satu robot, Agung menjawab hanya menghabisksn Rp 500.000.

Sementara Ibunya mengsku sangat bahagia. "  Penglihatan saya sudah tidak begitu jelas. Kalau menuang adonan harus dekat ke cetakan. Tapi setelah dibantu robot, sekarang pekerjaan saya jadi ringan,” ungkap Praptining. ( nas Sts).

No comments:

Post a Comment