Breaking News

Profesinya Dilecehkan, Puluhan Jurnalis Unjuk Rasa dan Melapor Ke Polres.



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO)  - Puluhan wartawan yang ber tugas liputan di Kabupaten Purworejo menggelar aksi unjuk rasa Kamis (9/1/20).

Aksi ditandai dengan berjalan kaki dari balai wartawan hingga depan kantor Bupati Purworejo. Dengan berbagai poster yang bernada mengecam, penhinaan terhadap profesi jurnalis.
 Sesampainya di depan Kantor Bupati wartawan melakukan orasi pernyataan sikap, bahwa mereka akan memboikot berita-berita terkait jual beli harga tanah terdampak pembangunan Bendungan Bener. Yang selama ini mewarnai pemberitaan.


Hal itu dipicu atas orasi yang dilakukan salah satu orator aksi penuntut kenaikan harga tanah terdampak pembangunan bendungan Bener pada hari Rabu 8/1/20, lalu di Pengadilan Negeri Purworejo. Yang dinilai menyinggung profesi jurnalis.

Menurut Nunik Wartawan Bernas, "Setiap unjuk rasa harga tanah, yang diminta terus berubah ubah.
Padahal para wartawan selalu meliput. Membantu pemberitaan. Namun pada saat orasi. Ada kalimat yang ujungnya malah mengatakan sebagai pecundang.


Fery Sugiharto.Spd, dari Trans TV, mengatakan, "Perjuangan minta kenaikan ganti rugi tanah ini, diketahui publik. Sampai Gubernur bahkan sampai Presiden. Karena wartawan meliput. Kita juga lelah, kepanasen kehujanan. Tapi  hanya karna salah nulis angka harga tanah. Kami jurnalis dianggap pecundang .


Wartawan  RMOL Jateng, Marni yang juga kordinator aksi unjuk rasa, menyampaikan, bahwa mereka kecewa atas orasi yang disampaikan salah satu oknum orarator yang mengatakan wartawan adalah pecundang.
Karena ada tuntutan harga tanah yang berubah.

Menurut dia, berita yang sudah dimuat rekan-rekan wartawan adalah berita fakta, dan harusnya pihak mereka melakukan hak jawab atas berita yang sudah ada. Bukan pidato menjelekan profesi jurnalis.


"Jangan melecehkan profesi wartawan, semua ada aturannya. Kami juga dilindungi Undang Undang." ucapnya.

Sikap kecewa juga terlihat dari banyaknya spanduk yang dibawa oleh wartawan bertuliskan mulutmu harimaumu. Silahkan kalian berjuang sendiri dengan politisi.

Setelah Orasi, lalu dengan dikawal Polisi satuan pengamanan, puluhan wartawan menuju Polres Purworejo.
Rombongan wartawan dari sejumlah media yang tidak kurang dari 30 an tersebut. Disambut Kapolres Purworejo AKBP  Andi Kurniawan
Mangungsong. SH.


Edy Suryana.SE ,  Sumarni dan Hery Prihantono.SH mengadukan dan melaporkan kejadian yang dinilai melecehkan profesi wartawan.
Nanti kasat reskrim yang akan menangani, silahkan dikawal. Dalam hal ini
Polisi tetap netral terhadap masalah ini, Ungkap Kapolres.

" Laporan sudah saya terima, kami juga sudah menerima vidio yang dikirim  dari rekan wartawan.


"Laporan akan kita tampung
Nanti pada saatnya akan dipanggil  untuk diperiksa. Namun disatu sisi kami akan menegakkan hukum dengan  moral, supaya berjalan dengan baik.

 "Kasatresktim mohon ditangani secara profesional. Tandas Kapolres.

Sementara Kasatreskrim Akp.  Haryo Seto. Mengatakan, rekan rekan hendaklah paham. "Kita hari ini belum langsung melakukan penjemputan.
Menahan orang itu ada aturannya.  Mekanisme ini akan saya jalankan secara profesional, urainya. ( Mas Andy/ Mng)

1 komentar:

  1. Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA  dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi.Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di No Wa 085-254-384-488- rasa
    senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus