Breaking News

Petani Njerit , Bendungan Ambrol 1129 Ha Sawah Tidak Bisa Tanam Padi



Kondisi Bendung Kedung Gupit Wetan, ambrol berdampak bencana pangan Kec.Pituruh & Kemiri.

PITURUH (KORANPURWOREJO)
Bendung Kedung Gupit Wetan di dukuh Kedung Sempol, Desa Kalikotes, Kecamatan Pituruh  Kabupaten Purworejo Ambrol. Sawah 1129 Ha Kecamatan Pituruh dan Kemiri , tidak bisa ditanami.

Bendung yang melintang antara pedukuhan Kedung Sempol dan  pedukuhan Polowangi area Tegal SiTuk tersebut
Menurut kemantren II ,Sudiharjo, ambrol sepanjang  27 meter.  Dari panjang bendungan 94 meter.

Anehnya bendung tersebut bukan  ambrol oleh derasnya air Sungai. Atau bencana alam.  Justru sekarang kondisi sungai, dibet airnya sedang dangkal.

Situasi galian pasir di bawah Bendung Kedung Gupit Wetan.
Dimungkinkan akibat  galian pasir liar, yang tepat berada dibawah bendung Kedung Gupit Wetan. Kira kira hanya berjarak tidak kurang 100 meter, dari Bendung yang ambrol.

Camat Pituruh Yudhi Agung Priyatno, dan Kemantren Kedunggupit II Sudihadjo membenarkan adanya galian pasir ilegal tersebut.
Bahkan Camat Yudhi, mengatakan adanya kerusakan ekosistem sungai, kerusakan lingkungan hidup.

Dikatakan Camat  Pituruh ,Yudhie Agung Prihatno , dengan ambrolnya bendungan di desa Kalikotes sepanjang 94 meter menyebabkan air sungai tidak bisa naik ke saluran irigasi sehingga lahan pertanian seluas 1.129 hektare yang meliputi 22 desa dan 2 kecamatan , yakni ; Pituruh dan Kemiri gagal tanam, padahal seharusnya bulan desember ini Musim Tansm  1 sudah selesai.

Selis Kedung Gupit Wetan, penyuplai air bagi 1129 Ha sawah. Kini  jadi kering dan jadi sungai irigasi mati.
Hal tersebut juga dibenarkan Kemantren II Sudiharjo. "Akibatnya 1129 Ha Sawah tidak mendapat pasokan air. Para petani tidak bisa tanam padi. Karena air mestinya sudah datang per 30 Okt 2019. Namun hingga kini tak bisa mengalir di Selis Kedung Gupit wetan",urainya.
Bahkan dijelaskan Selis Kedung Gupit Wetan yang dibangun sejak  tahun 1870, mengaliri 1.129 Ha sawah Kec Pituruh dan Kemiri, baru kali ini tidak bisa mengaliri sawah. Inbuhnya.

Dampak ambrolnya Bendung Kedung Gupit wetan. Kerugian para petani Kec Pituruh dan Kemiri, bila ditafsir mencapai triliunan rupiah.

Para petani Pituruh dan sebagian Kemiri bakal kena paceklik. Serta bakal beli beras untuk kebutuhan pangannya.

1129 Ha Sawah tidak tanam padi. Ribuan petani bakal terkena  paceklik beras.
Kasus ini pun menjadi firal di bebagai medsos.
Para petani menilai, aparat hukum dinilai lamban mengatasi para penambang liar yang membikin kerusakan ekosistem sungai.

Pengamat lingkungan hidup Purworejo Ir.Sayogo dan Presedium Peduli Sungai Purworejo, Drs.S.Tirtasujana,menyerukan, penambangan pasir liar, aktifitas para perusak lingkungan harus dihentikan. Jangan mencari keuntungan sepihak. Bila perlu aparat mengusut tuntas.

Diperoleh keterangan, PSDA Prabolo, UPT PUPR Kemiri, UPT Pertanian Pituruh, didampingi Sabar Kades Kalikotes bersama sama telah meninjau langsung di lokasi bendungan Kedung Gupitwetan yang ambrol . Jum'at, 13/12/2019.

Kepada Koran Purworejo Camat Pituruh, mengatakan
"Kami melakukan koordinasi secara aktif dan mengharapkan tindak lanjut secara nyata dari pihak terkait agar penanganannya tidak hanya sebatas peninjauan tetapi segera  dengan langkah nyata pembangunan yang dibutuhkan, '' ucap Yudhie.

Sampai berita ini ditulis, beberapa Kepala Desa sedang merekadaya secara manual , Bendung ambrol tersebut.(sts).

1 komentar:

  1. Saya ibu EVA FIORENTINA APRILA  dari palembang mengucap syukur kepada allah,karna melalui bantuan dari aki abdul jamal yg sebesar 20m kini saya sudah bisa menjalankan usaha saya lagi.Puji syukur saya panjatkan kepada Allah yang telah mempertemukan saya dengan Aki Abdul Jamal dan melalui bantun pesugihan putih beliau yang sebar 5M inilah yang saya gunakan untuk membuka usaha selama ini,makanya saya sengaja memposting pesang sinkat ini biar semua orang tau kalau Aki Abdul Jamal bisa membantuh kita mengenai masalah ekonomi dengan bantuan pesugihan putihnya yang tampa tumbal karna saya juga tampa sengaja menemukan postingan orang diinternet jadi saya lansun menhubungi beliau dan dengan senang hati beliau mau membantuh saya,,jadi bagi teman teman yang mempunyai keluhan jangan anda ragu untuk menghubungi beliau di No Wa 085-254-384-488- rasa
    senang ini tidak bisa diunkapkan dengan kata kata makanya saya suatu hari nanti saya akan berkunjun ke kediaman Aki untuk silaturahmi.Wassalam dari saya ibu EVA FIORENTINA APRILA dan untuk lebih lenkapnya silahkan buka blok Aki disini PESUGIHAN UANG GAIB TANPA TUMBAL

    BalasHapus