Breaking News

50 Tahanan Salemba Dipindah ke Rutan Purworejo


PURWOREJO ( KORANPURWOREJO) Sebanyak 50 narapidana (Warga Binaan Pemasyarakatan) dari Rutan Salemba, Jakarta Pusat, dipindahkan ke Rutan Purworejo. Hal tersebut dilakukan karena jumlah penghuninya sudah over kapasitas. Demikian dijelaskan Ka.Rutan Purworejo Lukman Agung Widoso, Jum’at (27/12)

“Narapidana yang dipindahkan dari Rutan Salemba mayoritas tersandung kasus Narkoba dengan masa hukuman satu hingga lima tahun. Berdasarkan data Sistem Database Pemasyarakatan (SDP), sudah mengalami overkapasitas hingga 184 persen, dari kapasitas 1.500 orang,” jelas Lukman.

Penerimaan warga binaan baru tersebut dilakukan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) , yakni mulai dari penggeledahan badan dan barang bawaan, pengecekan kesehatan, pengecekan administrasi oleh petugas registrasi juga sosialisasi kepada warga binaan baru di Rutan Purworejo.

“Kami tekankan agar seluruh warga binaan, wajib mengikuti seluruh rangkaian program pembinaan di Rutan Purworejo dan jangan berbuat macam-macam. Semua warga binaan, diberlakukan sama dan tak ada yang diistimewakan,” jelas Lukman menandaskan.

Menurut Lukman di Rutan Purworejo sendiri, saat ini juga sudah mengalami overkapasitas, namun masih cukup untuk menampung narapidana dari Rutan Salemba, ujarnya.

Lebih lanjut Lukman menjelaskan , bahwa dengan penambahan 50 Narapidana dari Rutan Salemba tersebut penghuni Rutan Purworejo menjadi 203 orang, karena sebelumnya sudah ada 153 orang, ungkapnya.

“Para penghuni baru ini juga menjalani pengenalan liigkungan terlebih dahulu selama dua minggu,” kata Lukman.( Mn)


Tidak ada komentar