Breaking News

Untuk Air Minum Kebumen Purworejo, Mulai Dibor Pasang Pipa


PITURUH ( KORANPURWOREJO) Pengerjaan pemasangan pipa kebutuhan air minum, kerjasama pemerintah Kebumen dan Purworejo ( KebuRejo) sudah mulai digarap.
Pengerjaan dilakukan dengan cara modern yaitu pengeboran tanah untuk pemasangan pipa air minum ditanam 2.5 meter dibawah permukaan tanah.

Pengerjaan tersebut tidak seperti biasanya dilakukan dengan penggalian tanah. Namun pengerjaannya dengan cara pengeboran , yang dilakukan oleh PT KJP Cirebon.
Pengerjaan di mulai di sebelah Gereja Pituruh menuju arah barat , ke arah  waduk Pejengkolan Kecamatan Padureso Kab Kebumen,  kurang lebih 10 Km.

Adapun satu tim dengan satu mesin ADD terdiri dari 10 orang. Yang terbagi 2 tim dengan 20 orang , dan 2 mesin pengebor ADD.


Sujari (48 th) salah satu tim PT KJP senior menjelaskan, pengerjaan dilakukan pada malam hari supaya tidak mengganggu kegiatan masyarakat.

Dengan sistem bor ini, pengerjaan jadi lebih efektif dan cepat. Adapun kedalaman pipa yang ditanam , kedalamannya 2,5 meter sampai 5 meter dibawah permukaan tanah.
Yang 5 meter itu jika pipa harus diteroboskan di bawah sungai, urai Sujari.

Sensor memonitor laju bor 2,5 meter dibawah permukaan tanah.
"Semua dikerjakan dengan mesin canggih.
Tidak menimbulkan getaran.  Meski menembus didisi bawah jalan . Laju pipa bor  bisa dimonitor dengan alat sensor. Tidak bakal menggok menggok. Sekali melakukan pengeboran bisa mencapai 250 meter, Imbuh Suraji.

Dikatakan Suraji,  bentuk kotoran hasil pengeborannya berupa lumpur bercampur tanah. Adapun hasil lingkaran bor sebesar mata bor, yang kira kira pipanya yang ditanam  sebesar lingkaran galon Aqua

Dengan dikerjakannya pengeboran tersebut, Pituruh dapat dimungkinkan tidak lama lagi bakal tidak kesulitan air bersih.( Nang).




Tidak ada komentar