Breaking News

Bantuan Rusun Ponpes Anwarul Falah Banyuurip, Mulai Dikerjakan.

Suasana tasyakuran di Ponpes Nuril Anwar Maron (foto: humas) 

PURWOREJO( KORANPURWOREJO )
Bantuan Pembangunan rumah susun (rusun) Pondok Pesantren (Ponpes) Anwarul Falah Yayasan Nuril Anwar di Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo akhirnya dimulai, Selasa ( 5/11).

Bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) itu, ditandai dengan tasyakuran yang dilaksanakan di Ponpes Nuril Anwar Maron.

Bupati pada kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR, yang telah mengucurkan bantuan berupa pembangunan rumah susun santri kepada Ponpes Anwarul Falah Yayasan Nuril Anwar.

Diharapkan kedepan akan semakin banyak Ponpes di Kabupaten Purworejo yang mendapat bantuan program rusun santri. Sehingga keberadaan Ponpes akan semakin berkembang.

“Rusun ini adalah rusun pertama bantuan dari Kementerian PUPR yang diberikan ke ponpes di Purworejo. Kami berharap rusun ini nanti dapat dirawat. Nantinya setelah dibangun harapannya para santri tidak uyel-uyelan lagi,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, dengan hadirnya rusun ini diharapkan dapat digunakan untuk belajar para satri dengan baik. Ini merupakan upaya pemerintah pusat dalam mengayomi seluruh masyarakat dan pesantren.

“Para santri diharapkan lebih baik dan fokus dalam belajar hingga selesai. Mudah-mudahan dimasa yang akan datang akan diberikan lagi rusun bagi pondok pondok di purworejo,” pungkas Bupati.

Tasyakuran tanda dimulainya pembangunan dihadiri Menteri PUPR yang diwakili Direktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR Johny FS Subrata, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Anggota DPR RI Komisi V Sujadi, Plt Dinperkimtan Purworejo Suranto dan sejumlah pejabat pusat.

Direktur Rumah Swadaya Kementerian PUPR Johny FS Subrata mengatakan, rusun ini menjadi sarana bagi santri sebagai wadah atau sarana yang memadai dan laik dalam proses pembelajaran.

“Syukuran ini dimaksudkan bahwa doa para kyai dan para santri terkabul. Karena dalam waktu dekat akan ada rusun asrama dalam ponpes. Hari ini sudah akan mengerjakan pondasi,” kata Johny.

Dirinya juga meminta kepada tim teknis pembangunan agar dapat mendorong berjalannya proyek pembangunan agar lebih cepat. Johny juga menerangkan jika pembangunan rusun ini juga dikawal oleh tim TP4D.

Kepada para santri, Johny meminta agar para santri ikut memelihara dan menjaga kebersihan rusun. Jangan sampai bangunan ini nantinya terlihat kumuh dan rusak.

Dikatakan Johny, total anggaran guna membangun rusun sebesar 2,6 miliar. Nantinya di dalam rusun tersebut terdapat 56 tempat tidur yang bertingkat lengkap dengan lemari, meja dan kursi belajar.

“Mohon doanya agar pelaksanaan pembangunan berjalan lancar. Sehingga ditargetkan harus selesai pada bulan Desember ini,” imbuh Johny.

Pengasuh Ponpes Nuril Anwar Maron KH R Abdul Hakim Chamid mengatakan, saat ini asrama di Ponpes Anwarul Falah hanya disekat dengan GRC dengan alas seadanya. Dasar lantai juga hanya semen biasa, dengan satu kamar berisi 50 santri. Bahkan di asrama yang baru jumlah santrinya dikatakan lebih lebih padat, ungkapnya. ( hum/ mng)

Tidak ada komentar