Breaking News

Kapolres Lantik 30 Siswa, Jadi Anggota Patroli Keamanan Sekolah



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO)
Kapolres Purworejo, Akbp. Indra  K Mangunsong , SH melantik 30 siswa yang terpilih sebagai anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) SMPN 15 Purworejo . Untuk keterampilan  untuk mengatur lalu lintas di hadapan ratusan teman-temannya, Senin (11/11).

" Tugas anggota patroli sekolah tersebut adalah menjaga keamanan dan ketertiban serta membantu polisi dalam mengatur lalu lintas di jalan menuju sekolah " urainya

 Kapolres Purworejo AKBP Indra K Mangunsong menjelaskan, fungsi sebagai anggota PKS  memiliki  tugas 5K diantaranya, Ketertiban, Keamanan, Kebersihan, Keindahan dan Kenyamanan.

"PKS adalah kegiatan ekstra kurikuler. Anggotanya dipilih berdasarkan kemampuan intelektual dan kepribadian murid sehingga bisa menjadi teladan bagi teman-temannya," kata Indra Mangunsong.

"Salah satu tugas anggota PKS adalah membantu meringankan tugas polantas, karena SDM kami sangat kurang jika harus berada di setiap sekolah, jumlah sekolah dan anggota kami tidak berimbang," lanjut Indra.

Di tempat yang sama, Kepala Sekolah SMPN 15, Dwi Retno Untari menjelaskan bahwa proses latihan anak didiknya dengan anggota Satlantas Polres Purworejo hanya 32 hari.

"Sebenarnya banyak yang mendaftar namun diseleksi oleh bidang kesiswaan bekerja sama dengan OSIS. Akhirnya dengan berbagai pertimbangan, termasuk nilai akademis siswa, hanya 30 anak yang terpilih. Dan kebanyakan dari kelas 8," kata Retno.
Akan tetapi sayangnya, dari puluhan SMP yang ada di Kabupaten Purworejo, baru dua SMPN yang telah menandatangani MoU dengan Polres terkait dengan PKS. ( Mn)

Tidak ada komentar