Breaking News

Bupati Bangga, Warga Besole Nanggap Dalang Mantep di Alun alun Purworejo.



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO)  Paguyuban Warga Besole Kecamatan Bayan , Purworejo. Mengundang Dalang Mantep Sudarsono. Pentaskan lakon Amarto Binangun  digelar di Alun alun Purworejo.
Ki Mantep memboyong 9 sinden papan atas.
Ribuan pandemen Ki Mantep Sudarsono pun hadir menyaksikan dalang pujaannya, Rabu (30/10).

Hari Slamet Kuncoro, sengaja menempatkan
Pagelaran tersebut di Alun alun Purworejo, supaya sajian Ki Mantep bisa dinikmati  para pandemen .

" Saya bangga dan  mengucapkan terimakasih kepada Paguyuban Warga Besole khususnya Bapak Hari Slamet Kuncoro, yang  berinisiatif mengadakan pagelaran wayang kulit dengan biaya pribadi, untuk dinikmati masyarakat luas sekaligus memeriahkan gelaran Romansa Purworejo Expo, kata Bupati Agus Bastian.

" Wayang kulit merupakan salah satu kesenian yang lekat dengan masyarakat Purworejo dan digemari mulai dari masyarakat perkotaan hingga perdesaan. Di Kabupaten Purworejo terdapat tak kurang dari 54 dalang dan 16 kelompok kesenian wayang kulit, yang tersebar hampir merata di semua kecamatan yang ada.

Besarnya potensi pengembangan kesenian wayang kulit dan tingginya animo masyarakat itu, membuat Pemerintah Daerah juga terus berupaya memelihara, melestarikan dan mengembangkan wayang kulit, antara lain dengan menampilkannya dalam berbagai event. Mudah-mudahan dengan upaya yang sungguh-sungguh, kesenian wayang kulit akan terus eksis di tengah perkembangan zaman.

Apalagi badan dunia UNESCO telah memberikan penghargaan kepada Wayang Indonesia sebagai World Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.
 Demikian dikatakan Bupati Bastian saat memberi sambutan.

"Dalam kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan bahwa saat ini ada beberapa proyek strategis nasional yang bersinggungan bahkan berada di wilayah Kabupaten Purworejo, yakni Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Badan Otorita Borobudur, dan Bendungan Bener.

Menyongsong hadirnya megaproyek tersebut, Kabupaten Purworejo terus menggali potensi yang dimiliki. Pemerintah Daerah sudah melakukan berbagai program pembangunan, seperti perubahan wajah kota mulai dari Alun-alun Purworejo, Romansa Kuliner, Taman Pendowo, Taman Kresna Duta dan sebagainya, yang saat ini telah menjelma menjadi destinasi favorit masyarakat.

Bupati mengajak masyarakat untuk menyongsong kemajuan Purworejo yang terus bergeliat berkembang menjadi kota wisata. " Mari kita sambut seiring jaman, apalagi bandara Nyia bakal mendatangkan turis yang jumlahnya jutaan " kata Bupati. ( Mn)

Tidak ada komentar