Breaking News

Komunitas Tester Purworejo, Pentas di Auditorium RRI Semarang


PURWOREJO ( KORANPURWOREJO )
Kamis (24/10) , Komunitas Teater Purworejo (KTP ) akan mengusung lakon Nafas Perenungan karya Haryanto Djee dengan Sutradara Achmad Fajar Chalik alias Jojon yang juga Ketua KTP di Semarang

Kamis (24/10) malam nanti akan tampil dalam rangka Festival Teater Jawa Tengah 2019 yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah di Auditorium RRI Semarang. Festival akan berlangsung 24-26 Oktober 2019.

“Ada 32 orang yang berangkat, tapi yang terlibat dalam permainan, baik itu pemain maupun kru produksi, hanya 15 orang sesuai aturan festival,” kata Jojon.

Jojon optimistis KTP mampu tampil maksimal melalui naskah Nafas Perenungan. Terlebih, lakon absurd yang pernah menyabet predikat penyaji terbaik Festival Teater di Kebumen pada 2010 itu tidak hanya menarik pada visual pemanggungannya, tapi juga sarat amanat dan relevan zaman.

“Naskah yang kami usung ini edukatif, menceritakan tentang perjalanan hidup seorang seniman. Jatuh-bangunnya, roboh dan bangkitnya, juga tentang perjalanan si seniman bercengkerama dengan Tuhan dan alam semesta. Melalui naskah ini, penonton akan diajak kembali menggali nilai-nilai fitrahnya sebagai seorang manusia: kemanusiaan, cinta kasih, dan keikhlasan,” jelasnya.



Dijelaskan, Festival Teater Jateng diikuti 25 kelompok teater perwakilan 22 Kabupaten/kota se-Jateng yang sebelumnya telah melalui tahap seleksi oleh panitia.

Menurut Jojon, ajang kali ini menjadi titik fokus KTP untuk meningkatkan kapasitas anggota serta memberdayakan potensi seni Purworejo. Hal itu diwujudkan dengan pelibatan 5 pemain cilik lintas disiplin seni.

“Hal ini bukan tanpa sebab, karena kita harus menyadari bahwa potensi-potensi hebat itu membutuhkan ruang aktualisasi diri. Bukan tidak mungkin 20 atau 30 tahun lagi, satu di antara mereka akan menjadi pemimpin di tingkat lokal maupun nasional, Maka, penting bagi mereka untuk erat dengan dunia seni agar terasah mata batinnya,” bebernya.

Ketua DPRD Purworejo, Dion Agasi Setyabudi, yang juga turut memberikan dukungan kepada KTP dalam festival kali ini menyebut bahwa mempertahankan eksistensi sebuah pagelaran seni teater di Kabupaten Purworejo bukanlah suatu hal yang mudah.

“Tidak ada kesuksesan tanpa pengorbanan, tanpa kerja keras, tegasnya. (Smn)

Tidak ada komentar