Breaking News

Seorang Ibu Tua Menangis, Mencuri Tertangkap CCTV di Mushola RSU.

Sul tertunduk lesu meneteskan air mata dihadapan petugas. Foto : Mn

PURWOREJO (KORANPURWOREJO) - SEORANG ibu tua  berinisial SUL warga Kecamatan Bagelen Purworejo harus berurusan dengan hukum. Tidak tega melihatnya, tapi hukum harus tetap berjalan. Dia tertangkap setelah melakukan pencurian di tempat ibadah lingkungan  rumah sakit umum ( RSUD ) Purworejo ,Jawa Tengah. Perilaku kejahatan SUL mudah dikenali karena tertangkap CCTV yang dipasang pihak rumah sakit.

Dalam pers rilis Jum,at ( 13/9) , Kapolsek Purworejo Iptu Sukardi didampingi Kasubag Humas Polres Purworejo Siti Komariah SH menjelaskan, petugas berhasil meringkus pelaku, Minggu (11/9/2019), di rumahnya Ambar Ketawang Sleman. “Penangkapan kami lakukan pukul 02:00 dini hari," terang Kapolsek Purworejo.

Kapolsek Purworejo Iptu Sukardi dan jajarannya didampingi Kasubag Humas Polres Purworejo Siti komariah SH menunjukkan pelaku pencurian dan barang buktinya.

Sul lesu saat dilakukan pers rilis

Iptu Sukardi kemudian menunjukkan barang bukti di antaranya berupa satu helai baju lengan panjang putih dan motif batik warna cokelat tanpa merk serta handphone merk Vivo V5 warna putih gold.

"Pelaku merupakan residivis spesialis tempat ibadah, pada tahun 2012 melakukan pencurian di parkiran Abu Bakar Ali, divonis 2 bulan dan tahun 2014 di mushala RSU Mungkid divonis 4 bulan," terangnya.

Iptu Sukardi menjelaskan, tersangka melakukan aksi kejahatannya 24 Juli silam sekitar pukul 12:00. Dia memanfaatkan kelengahan korbannya Anisa dan Oviana saat salat di mushala di lingkungan rumah sakit tersebut.
Pada sast korban sholat, barang bawaan berupa dua tas diletakkan di belakang. Namun naas usai salat, dua tas tersebut sudah tidak berada di tempatnya.

Sul menangis sesunggukan
Minta maaf kepada korban
Berharap pengampunan

Kedua korban kemudian melapor ke Polsek Purworejo. Anisa kehilangan satu tas selempang berisi HP Vivo seri V5 warna gold, surat-surat penting dan uang Rp. 630 ribu.

Sementara Oviana kehilangan dua flashdisk, HP merk Xiomi Redmi S2 serta dompet putih berisi uang Rp 120 ribu. Total kerugian Rp 6,7 juta.

Pelaku berhasil ditangkap setelah korban melapor ke pihak keamanan rumah sakit. Melalui pantauan CCTV diketahui pelaku pencurian tersebut ternyatamadalah Sul.

Di hadapan polisi, wanita yang juga memiliki alamat domisili di Kelurahan Ambarketawang Gamping Sleman ini mengaku terpaksa mencuri karena dipaksa oleh suaminya. "Saya dipaksa suami untuk mencuri," akunya di Mapolsek Purworejo.

Pelaku juga mengaku hasil kejahatannya dibawa kabur suaminya. “Sebenarnya pada tahun 2010 saya sudah bercerai,  tetapi suami saya tidak mau. Surat cerainya dirobek-robek,” ungkapnya.

Di hadapan petugas, pelaku sepertinya menyesali perbuatannya, bahkan dia sempat memeluk korbannya seraya menangis untuk meminta maaf.
Sul dijerat dengan Pasal 362 KUHP trntang pencurian dengan sengaja. Sul terancam hukuman paling lama 5 tahun. ( Mng)

Tidak ada komentar