Breaking News

Jamasan Tosan Aji, Wisata Ritual Paling Unik Di Purworejo



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO) - Musium Tosan Aji adalah musium paling unik . Musium ini menyimpan Benda Pusaka warisan leluhur, dan  bukan lagi dianggap sebagai barang klenik di era modern. Akan tetapi benda pusak tosan aji merupakan warisan leluhur yang perlu dilestarikan.
Fungsinya supaya anak cucu bisa mengerti peradaban masa lampau. Bukan untuk bertujuan memperkuat budaya klenik.

Acara ritual jawa paling unik,  yang sekaligus untuk menjaga kelestariannya tersebut. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Purworejo, melalui Museum Tosan Aji Kabupatem Purworejo menyelenggarakan jamasan benda pusaka,  Jum'at (27/9/2019) bertempat didepan Pendopo Kab. Purworejo.

Dalam ritual jamasan, menyedot banyak pemgunjung, di awali dengan iring-iringan    bregodo dari SMAN 5 Purworejo,  di susul barisan tarian Cempoling Ponco Manunggal  dari Kec. Pituruh Purworejo.   Tarian itu  hampir punah,  dan Dinparbud Purworejo berusaha melestarikannya.


Ritual jamasan  tersebut, ada 4 pusaka yaitu, Keris Bendo Segedo,  abad 17, berasal dari Mataram,  berikutnya Pedang Luwik /sabet,  pamor kulit semongko,  abat 17, dari Kerajaan Mataram,  dan Keris Sajan,  pamor adeg,  abad 14, dari kerajaan Pajajaran serta Tombak Biring Lanang, pamor singkir,  abad 13, dari kerajaan Pajajaran.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Purworejo, Agung Wibowo kepada media, mengatakan bahwa jamasan tosan aji, memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan jamasan tosan aji dibulan suro (bulan muharam).

"Bagaimana cara mewarang benda pusaka tersebut,  agar pamornya tetap terpancar," papar Agung

Dengan demikian masyarakat menjadi  paham cara menjamas tosan aji tersebut.

Bertindak sebagai penjamas adalah Tri Yuliana dari Seksi Kebudayaan,  Dinparbud Kab. Purworejo.

"Saat ini Museum Tosan Aji Purworejo memiliki lebih dari seribu benda pusaka," ujar Agung. Lanjut dia, semua tosan aji merupakan sumbangan dari masyarakat, dan tidak ada yang beli.

Sementara meenurut Bupati,  jamasan tosan aji merupakan salah satu wujud nguri-nguri budaya jawa adiluhung. Budaya tinggalan para leluhur tersebut  bisa untuk destinasi wisata Purworejo.

"Pada bulan Suro menurut orang jawa, akan  mengeluarkan pusaka  dan di jamas," terang Agus.

Menurutnya makna sesungguhnya dari jamasan adalah  adat untuk membersihkan jiwa raga. Jamasan pusaka memiliki makna  membersihkan diri secara fisik.
"Kita mempunyai kewajiban untuk melestari jamasan pusaka tersebut,"  tandas Agus
( Nang)

Tidak ada komentar