Breaking News

PDI, GOLKAR dan DEMOKRAT, 3 Besar Perolehan Kursi DPRD Terbanyak.



PURWOREJO (KORANPURWOREJO ) -
Langsung dipimpin oleh Ketua KPU Purworejo Drs. Dulrohim, Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Pemilu 2019 digelar oleh KPU Purworejo di  hotel Sanjaya Purworejo, Sabtu (10/8/2019).

Pada Rapat tersebut juga dijelaskan, beberapa catatan termasuk pencoretan 2 caleg terpilih karena tersandung masalah hukum. Akibatnya 2 caleg tersebut gagal menjadi anggota dewan kendati perolehan suaranya melampaui calon lain.

Dijelaskan oleh Dulrohim,  Karena hal tersebut sudah memiliki kekuatan hukum tetap.  Dan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindakan pidana pemilu, maka caleg atas nama Endang Tavip Handayani dari Partai Gerindra dan Ghofururochim dari PKS sebagai calon yang tidak lagi memenuhi syarat dan dibatalkan keikutsertaannya dalam pemeringkatan suara sah,” paparnya.

Adapun akhirnya, nama  kedua caleg tersebut kemudian digantikan oleh caleg lain yang menduduki peringkat dua dalam perolehan suara atau persis di bawah yang bersangkutan. Hal tersebut juga telah dituangkan dalam Surat Keputusan KPU Kabupaten Purworejo Nomor 1040/HK.03.1-Kpt/3306/Kab/V/ 2019.

Nama Endang Tavip Handayani diganti oleh Muhammad Fahrudin sedangkan Ghofururochim digantikan oleh Mustakim,” ungkapnya.

Pada pemilu kali ini, 45 kursi berhasil direbut oleh 10 parpol. Perolehan kursi terbanyak diraih oleh PDIP dengan 10 kursi, peringkat dua diraih oleh Partai Golkar dengan 8 kursi sedangkan Partai Demokrat bertengger di posisi ke 3 dengan meraih 6 kursi. Sisa kursi diambil oleh parpol lain yakni PKB, Gerindra, Nasdem, PPP, PKS, PAN dan Hanura.

Dengan dilaksanakannya Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Pemilu 2019.

Maka secara rinci didapatkan, Dari 45 kursi yang ada, 25 kursi direbut oleh wajah-wajah baru calon anggota dewan . Sedangkan anggota dewan lawas yang berhasil bertahan hanya ada 20 orang.

Hasil pleno kemudian akan diserahkan kepada Bupati Purworejo yang akan diteruskan ke Gubernur Jawa Tengah. Pelantikan calon terpilih rencananya akan digelar pada 14 Agustus 2019 pekan depan. . (Mn)

Tidak ada komentar