Breaking News

SMKN3 Juarai Tari Pada FLS2N Tingkat Jateng di Surakarta



PURWOREJO (KORANPURWOREJO)-- PRESTASI Membanggakan diukir oleh siswi siswi SMKN 3 Purworejo dalam bidang tari. Lomba seni tati untuk kategori kalangan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK )  Jawa tengah.

Dijelaskan oleh  Tri Handayani, Spd, Mpd , guru seni budaya SMKN3.

"Lomba tersebut, dalam  rangka FLS2N  atau festival lomba seni siswa nasional tingkat Dinas Pendidikan wilayah 8 provinsi Jawa Tengah.  FLS2N sendiri adalah sebuan even tahunan yang digelar  sebagai ajang kompetisi hingga tingkat Nadional. ungkapnya.



Ditambahkan oleh Kepala SMKN3, Dra Indriati Agung Rahsyu Mpd,   bahwa siswanya mengikuti  dua kali  event kompetisi. Kedua duanya mendapat juara berturut turut.


" Pada event pertama , kami meraih 
Juara 1 cabang seni tari tradisional dari 13 peserta yang digelar di Magelang  ( tgl 16 juli 2019 ). 
Sedang pada even berikutnya  pada tgl 23 juli siswi SMKJ 3 Purworejo , meraih Juara 3 dlm even tingkt Provinsi Jateng, yang digelar di Surakarta.  Tambahnya.



 Sementara pelatih Melania S.Sn  dan  Retno Wulandari S.Pd. Kepada Koran Purworejo, mengaku sangat  bangga dengan kelima siswinya. Yang telah menunjukan talentanya.
Kelima penari tersebut masing masing adalah  Dewi Mahardika, Yesdica  Serly Windasari,  Wuri listiani, Aprilia Maya Adista serta Dewi Ariani.

"Kelima jagoan tari SMKN3 ini membawakan tari Dewi Padi, yan terinspirasi dari cerita legenda lokal dari Desa Dewi Kec. Bayan.  Dimana pada era Kerajaan Pajang daerah tersebut, sebagai daerah untuk menyelamatkan putri mahkota dan pengikutnya, saat terjadi huruhara di Pajang. Di  hutan belantara terdebutmsang Dewi untuk mempertahankan hidup sambil bercocok tanan padi. Pada saat Kerajaan Mataram kuno mengadakan sayembara hasil pangan, padi Dewi mendapat penghargaan juara di Kraton Mataram Kuno. Lalu oleh Sri Baginda Raja, padi tersebut diberi nama Padi Dewi. Yang kemudian karena begitu cantiknya Sang Dewi diperistri Raja.

Sementara dari hasil lengkap pada Even Kejuaraan  FLS2N tingkat Provinsi di Sukakarta tersebut,  masing masing : Juara 1 SMKN  8 Surakarta Juara 2 SMKN 3 Banyumas dan Juara 3 SMKN 3 Purworejo.

" Juara 1 dan 2 diketahui adalah jenis sekolah SMKI / Sekolah kesenian, jadi sangat pantaslah jika mereka yang meraih juara. Kita tetap bangga bahwa kita mampu bersaing dengan mereka, pungkas
Wulan.( Nang).

Tidak ada komentar