Breaking News

Gembong Hanung, Siswa SMA N1, Juara Cipta Cerpen Nasional FLS2N 2019



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO ) - Siswa  SMA Negeri 1 Purworejo bawa pulang Juara 1 Cipta Cerpen Festival Literasi Sekolah (FLS) Tingkat Nasional.

Gembong Hanung, siswa kelas XII MIPA-7 yang juga ketua ekstrakurikuler Gamma Gading (majalah sekolah dan majalah dinding) meraih juara 1 tingkat nasional bidang cipta cerpen.

Dilangsir dari Facebook Smansa Purworejo, Festival Literasi Sekolah diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Bogor tanggal 24-29 Juli 2019, diikuti oleh peserta dari duta/perwakilan tiap provinsi melalui seleksi ketat.

Tema cerpen dalam Lomba Cipta Cerpen Festival Literasi Sekolah 2019 adalah "Cinta Alam dan Lokalitas" . Adapun judul cerpen duta SMAN 1 Purworejo sekaligus duta Jawa Tengah adalah "Sebatang Pohon di Tengah Ladang". Cerpen ini mengisahkan tentang seorang penari Jidur yang batinnya tertekan karena masyarakat di kotanya menghabiskan banyak pohon beringin untuk melakukan upacara Pethik Tirta, sebuah upacara yang dipercaya masyarakat dapat memanggil hujan.

Dalam festival tersebut Gembong  didampingi  para pembimbingnya dari MGMP Bahasa Indonesia SMA N 1 Purworejo Sri Marilin, Umi Istita'yah,  Titin Partinem, Imam Sunardi dan  Mei Anjar. ( Mas /mn)

Tidak ada komentar