Breaking News

SAMBUT PEMUDIK , Suasana Pituruh Kian Mengasyikkan

Suasana sajian hiburan musik
Kroncong di area Alun alun Pituruh. Foto Gun.

PITURUH
( KORANPURWOREJO) -- Idhul Fitri tahun 2019 segera tiba. Bagi warga perantau yang berasal dari wilayah Kecamatan Pituruh Purworejo.  "Kampung halamanmu ( tanah kelahiranmu ) tengah siap menyambutmu. Pulanglah dengan kebahagiaan dan suka cita", demikian diungkapkan Imam Masjif besar Pituruh Kyai Haji Noercahyono. Kepada CPP ( Cah perantauan Purworejo ) Rayon Kecamatan Pituruh yang mau mengadakan Kopi Darat di Kecamatan Pituruh, kami sangat mendukung. Karens CPP banyak manfaatnya, tandas Kyai Noer.

Grub Kroncong Pradista Kinanti
Foto Gun.

Sementara dari pengamatan KoranPurworejo, seperti diungkapkan Kades Pituruh Achmad Anwar , " Dalam kurun waktu belakangan ini, Pituruh banyak mengalami perubahan. Setidaknya situasi 5 tahun terakhir, Pituruh banyak kemajuannya. Ada banyak fasilitas publik yang bisa dimanfaatkan oleh para pemudik untuk rekreasi sambil mengenang masa lalu.

Alun alun Pituruh ada wisata naik kuda juga beberapa kulinet khas Pituruh.
Pada menjelang akhir puasa sudah banyak yang pulang kampung. Mereka sudah banyak yang menikmati suasana saat ini.
Setidaknya di seputar alun alun Pituruh, ada rekreasi untuk memanjakan  anak -anak perantau dengan menunggang kuda.  Yang dipandu oleh para Guide pemilik kuda.

Segala jajanan kuliner juga tersedia di wilayah Pituruh.  Ada Kum1s House di selatan pasar Pituruh nomer 6.


Yang menyediakan berbagai jenis menu Soft Drink segar ala Cafe. Kum1s House ini menjadi salah satu tempat yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Mereka rata rata para pelajar dan mahasiswa. Dengan suasana aut door yang mengasyikkan.

Suasana di Kum1sHouse Kidul Pasar Pituruh,
Selain itu ada menu khas Pituruh yang melegenda,  Sate Mbah Parto di Sutogaten Pituruh, yang siap menjamu para penggila sate nan uenak.
Di jalan Mentosaran juga telah dibuka Rumah makan Tinora. Yang menyediakan berbagai menu ikan dan berbagai minuman.

Ada Angkringan K'Rose di barat Pasar Pituruh, dengan berbagai menunya ala angkringan, seperti  Kopi, Susu Jahe, Sop Buah, juga berbagai menu angkringsn lainya.  Tempat ini jadi  tempat nongkrongnya para remaja dan kawula muda.

Angkringan K'Ross. Tempatnya orang muda.

Nah, bagi yang ingin belanja berbagai menu sayur matang, dan segala lauknya. Tinggal milih di seputar barat  pasar Pituruh, mulai jam 15.00 Wib sudah banyak pedagang kuliner yang menggelar dagangannya.

Sementara di berbagai sudut  sisi kota Pituruh, juga banyak sekali para penjual berbagai kedai makanan. Dari menu nasi padang, nadi goreng, bakmi, kupat tahu, ayam bakar dan lele goreng, telah mewsrnai suasana kota Pituruh.

Menurut seorang tokoh setempat ,Gunadi Suprapto, 
"Pokoknya bagi para pemudik yang akan memanjakan keluarga dan anak anaknya
silahkan milih, sesuai seleranya. Soal harga menu, tetap standar pada umumnya ", tandas Gunadi.

Selain berbagai menu kuliner tersebut,  di lingkungan alun alun Pituruh, setiap senja tiba, ada hiburan musik Kroncong dari Komunitas Pradista Kinanti.  Pengunjung bisa menikmati sajian lagu lagu kroncong. Bahkan boleh bergabung untuk menyanyikan lagu.

Di lokasi pasar kelapa depan Kantor BRI, jika menjelang sore, dijadikan arena permainan anak anak. Untuk bermain mobil ala Gocar. Dengan uang sewa Rp.10 ribu untuk beberapa waktu. Di arena tersebut anak ansk bisa ngakak ngakak ketawa lepas kegirangan.
Menurut Ny Untung, arena tersebut selalu ramai pengunjung. " Menambah suasana Pituruh jadi tambah mensrik, pungkasnya.( Nang)









Tidak ada komentar