Breaking News

Kain Batik Penutup Jenasah Ibu Ani Yudhoyono, ,Awalnya Disiapkan Untuk Sambut Idhul Fitri.


Kain batik untuk lebaran, menutup jensah Ibu Ani, di S

JAKARTA  (KORANPURWOREJO) - IBU Ani Yodhoyono, anak dari Jendral Sarwo Edhy Wibowo. Putri asli dari Purworejo, yang meninggal di Singapura Dabtu (1/6/2019) telah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Minggu (2/6/2019) sore sekitar pukul 15.00 WIB. 

Ibu Yulia Kakak Ibu Ani Yudhoyono

Sebelumnya, Ibu Yulia (70 th) Kakak dari Ibu Ani Yudhoyono dan anaknya Yophi Prabowo, SH  beserta keluarga, setelah diberitahu Ibu Ani wafat, Sabtu langsung terbang ke Cikeas.
Melalui telephon pribadinya, Yophi Prabowo menceritakan kepada Sumanang Tirta wartawan KoranPurworejo.

Yophi Prabowo , Ibu Yulia dan kluarga Purworejo di tengah pelayat di Cikeas.

Tentang potret romantisme, Ibu Ani Yudhoyono dengan Bapak SBY , juga jalinan kasih kepada anak anak , cucu dan menantunya. Yang bisa jadi tauladan bagi siapapun.

Hal lain yang menarik perhatian publik adalah kain batik yang menutup jenazah Ani Yudhoyono di National University Hospital Singapura. Diketahui, kain itu merupakan kain yang sudah disiapkan untuk keluarganya menyambut Hari Raya Idul Fitri, sejak sebelum dinyatakan sakit. Namun Allah menghendaki lain. Ibu negara harus menghadap Allah Sabtu (1/6/2019 ).

Ternyata takdir bicara lain, kain itu tidak jadi dipakai sebagai baju Lebaran, tetapi menjadi kain yang menutupi tubuh Ibunda Ani , namun Ibu  Ani dipanggil Allah taala.," 

Peresiden Joko Widodo, saat melayat di Cikeas
Pemakaman  dilakukan secara militer dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara. Selama proses pemakaman tersebut,  menurut Yophi terdapat sejumlah hal yang berhasil menarik empati juga simpati masyarakat yang menyaksikan, baik secara langsung di lokasi maupun mereka yang menyaksikan lewat saluran televisi.

Presiden SBY dan Presiden Megawati 
Ada peristiwa menarik, Beberapa di antaranya adalah.  Bapak SBY dan Megawati Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (kiri) berbincang dengan Presiden Ke-5 Megawati Soekarnoputri (kanan) saat menghadiri pemakaman ibu negara Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMP) Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019).

Pemandangan menyejukkan terjadi di tengah situasi duka pemakaman Ani Yudhoyono sore kemarin. Salah satunya saat mantan  Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono bersalaman dengan Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri. Megawati menyampaikan belasungkawa dengan datang ke lokasi pemakaman. Megawati hadir mengenakan kebaya hitam ditemani sang putri yang merupakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani.

Jendral Luhut Panjaitan dan Wakil Presiden Budiono
Selain itu, juga dihadiri mantan presiden dan wakil presiden Presiden ke-3 BJ Habibie dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri hadir bersamaan dalam pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6/2019).

TMP Kalibata pada Minggu sore tak hanya dibanjiri oleh masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung proses pemakaman Ani Yudhoyonon, namun juga dihadiri sejumlah petinggi negara dan tokoh masyarakat. Adapun, tokoh yang menjadi perhatian  adalah sejumlah mantan presiden dan wakil presiden atau pasangannya. 

Tak hanya Megawati, mantan pemimpin negara yang hadir misalnya adalah mantan wapres SBY periode kedua, Budiono. Ada juga Presiden ketiga RI, BJ Habibie. Kemudian, terlihat wakil presiden era Soeharto, Try Sutrisno, dan juga istri dari Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah 
Wahid.
Bpk SBY dan Ibu Ani, simbul kluarga teladan
Pemandangan lain yang tak kalah membuat terenyuh, adalah ketika SBY dan segenap keluarganya berjalan menuju ke lokasi pemakaman Ani Yudhoyono. SBY terlihat menggandeng kedua cucunya, Almira Tunggadewi Yudhoyono dan Airlangga Satriadhi Yudhoyono. Almira merupakan putri dari Agus Harimurti Yudhoyono-Annisa Larasati Pohan, Sedangkan Airlangga adalah putra pertama dari Edhie Baskoro Yudhoyono-Aliya Rajasa. 

Bapak SBY menggandeng dua cucunya
Dijelaskan oleh Yophi Prabowo yang keponakan Presiden SBY,
" Tangan kedua cucunya itulah, yang digandeng oleh SBY , menemaninya menuju ke  pusara sang istri tercinta. Sebelumnya, SBY begitu sering terlihat berdua bersama Ani. Mereka bergandengan tangan atau setidaknya bersama dalam berbagai kesempatan. Namun, saat ini sosok perempuan yang telah setia mendampinginya lebih dari 40 tahun itu. Melihat situasinya Pak SBY , tampak sangat kehilangan Ibu Ani yang Ia cintai.

Makam Ibu Ani Yudhoyono, Berdekatan dengan makam Ainun Habibie  Tepat Didepan Makam Hasbi Ainun Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta.

Ibu Ani dimakamkan di Blok M 129. Di sekitarnya, juga terdapat makam sejumlah tokoh nasional seperti makam Ketua Dewan Pertimbangan Presiden era SBY Ali Alatas, mantan KASAU Marsekal TNI (Purn) Mochamad Saleh Basarah, mantan Menteri Pertahanan dan Keamanan Jenderal (Purn) Poniman bin Kertowijoyo, mantan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Widjojo Nitisastro, mantan Menko Polkam Surono, dan mantan Menristek Dikti Zuhal. 

 Hal lain yang menarik perhatian publik adalah kain batik yang menutup jenazah Ani Yudhoyono di National University Hospital Singapura. Diketahui, kain itu merupakan kain yang sudah disiapkan untuk keluarganya menyambut Hari Raya Idul Fitri, sejak sebelum dinyatakan sakit. 

Yophi Prabowo , Ibu Yulia beserta Kluarga Jendral Sarwo Edhy dari Purworejo, di Kalibata.

Namun, Tuhan berkehendak lain dan rencana merayakan Idul Fitri bersama keluarga tidak bisa terwujud. 

. "Ternyata takdir bicara lain, kain itu tidak jadi dipakai sebagai baju Lebaran, tetapi menjadi kain yang menutupi tubuh Ibu Ani , " 

Sebagaimana diungkapkan Ibu Yulia, kakak dari Ibu Ani Yufhoyono. Semula keluarga Purworejo berharap Ibu Ani dimakamkan di Purworejo, berdampingan dengan mendiang Almarhum Jendral Sarwo Edhy Wibowo. Namun karena Ibu Ani juga putra terbaik bangsa dan negara ini. Karena jasa jasanya, akhirnya dimakamkan di makam Pahlawan Kalibata Jakarta., dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo. ( Nang ).

Tidak ada komentar