Breaking News

341 Kades Dilantik Bupati, Jangan Terjerat Dana Desa, Tanggung Sendiri Resikonya.





PURWOREJO ( KORANPURWOREJO)-- BERTEMPAT
di Pendopo Kabupaten Purworejo Rabu ( 8/5/2019 )
Bupati Purworejo H. Agus Bastian, SE MM, melantik
Kepala desa terpilih. Ada sejumlah 343  Kades terpilih. Karena ada yang meninggal, yaitu Suparjo Kades Dlisen Wetan Kecamatan Pituruh dan  Ponijan Kades terpilih KedungMulyo Kecamatan Butuh, sehingga hanya  341 Kades yang mengikuti pelantikan.

Kepada Kepala desa terlantik, Bupati Agus Bastian, memberi wejangan, berkait penyelenggaraan pemerintahan dan pengelolaan keuangan Dana Desa (DD).Supaya tidak berujung pada dampak hukum.

"  Saya atas nama pribadi dan yang dituakan di Kabupaten Purworejo mengucapkan selamat kepada para kepala desa yang baru saja dilantik dan diambil sumpahnya, semoga momentum yang sakral ini bisa menjadi motivasi awal bagi Saudara dalam mengemban amanah dan tanggung jawab  untuk membawa perubahan positif bagi kemajuan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

Di sisi lain, saya minta kepada semua kepala desa yang baru saja dilantik untuk segera melaksanakan serah terima jabatan pada hari ini juga dengan difasilitasi oleh para camat. Serah terima jabatan tidak hanya mencakup penyerahan stempel dan cap kepala desa maupun kendaraan operasional, namun harus jelas tentang tanggung jawab pejabat baru dengan pejabat lama sehingga tidak menghambat kegiatan pemerintah desa yang selalu dinamis "ungkapnya.

Suroyo, Spd , Kades terpilih Desa Kalijering Pituruh
B

Masih menurut Agus Bastian,
" Saya instruksikan kepada Saudara mulai besok pagi langsung bekerja melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala desa. Saudara harus berlari kencang dengan segera menyusun RPJMDes sebagai pedoman dalam menyelenggarakan pemerintahan desa selama masa jabatan guna mewujudkan visi dan misi Saudara untuk mencapai situasi kondisi desa ke arah yang lebih baik.

Para Kepala Desa yang saya banggakan,
Seperti kita ketahui bersama, kepala desa mempunyai kedudukan sebagai pimpinan pemerintah desa yang memimpin penyelenggaraan pemerintahan desa. Dalam kedudukannya itu dibantu oleh perangkat desa dan bertanggungjawab kepada masyarakat desa melalui Badan Permusyawaratan Desa (BPD). 

Kepala desa mempunyai tugas menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa, dan pemberdayaan masyarakat desa. Untuk itu diiharapkan kepada kepala desa terlantik untuk berhati-hati dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan desa. Jangan segan-segan untuk berkoordinasi dengan lembaga yang ada di desa, kecamatan maupun kabupaten. 


Pelajari dan pahami peraturan perundangan terkait desa dengan baik dan gunakan sebagai pedoman.
Terlebih anggaran atau dana yang masuk ke desa sangat besar nominalnya. Sehingga perlu diperhatikan betul dalam pengelolaan keuangan desanya mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawabannya. 

Kepala desa juga harus menghindari hal-hal yang menyimpang dari peraturan perundangan yang sudah ada, agar tidak terseret dalam masalah hukum. Kepala desa merupakan teladan bagi warganya, oleh sebab itu hindarkan diri dari perbuatan tercela yang merugikan diri sendiri maupun masyarakat,  dan apabila hal itu terjadi, segala resiko akan menjadi tanggung jawab Saudara, tandas Bupati.

Dan dalam rangka peningkatan kapasitas kepala desa baru, segera setelah ini akan diselenggarakan pembekalan kepala desa baru untuk lebih memahami tentang tugas dan tanggungjawabnya. Saya minta agar kegiatan tersebut betul-betul diikuti dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,  Pungkas Bupati. ( S.tirta).

Tidak ada komentar