Breaking News

PNS Purworejo Ketangkap Terlibat Penyebaran Politik Uang


Ketua Bawaslu Purworejo dan Bukti  uang sitaan.

PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM) Pasca Pemilu usai yang digelar Rabu ( 17/42019 ) , ada seorang PNS yang bakal mempertanggunjawabkan atas perbuatannya di hadapan hukum. Karena diduga terlibat  turut menyebar politik Uang, sebelum hari pencoblosan.

Ny, AE PR  ( 38 th ) warga Gebang Purworejo, Pasalnya ia diduga melakukan politik uang. Keterlibatan itu karena membantu suaminya yang seorang anggota DPRD Purworejo dan kini maju kembali melalui Pemilu 2019.

Seperti di jelaskan Ketua Bawaslu Purworejo Nur Kholiq, SH SThl,Mkn
“Awalnya kami mendapat laporan, ada calon anggota legislatif (Caleg) bagi-bagi uang untuk mempengaruhi pemilih, kami bersama Gakkumdu langsung meluncur ke rumah pelaku, dan didapati pelaku sedang membagikan uang kepada timnya yang akan disebar ke masyarakat,”

Dari tangan pelaku Bawaslu mendapati sejumlah barang bukti diantaranya uang tunai Rp 2.750.000, buku catatan dukungan, kartu nama rekomendasi dan lainnya. “Berbagai barang kukti itu kemudian kami pinjam untuk proses selanjutnya,” jelas Nur Kholiq.

Sementara itu pelaku Gfr (45)  di kediamannya di wilayah Kecamatan Gebang Purworejo belum berhasil ditemui. Begitupun istrinya Ny Ae Pr (38) yang seorang PNS.


Sementara itu pelaku Gfr (45) yang tinggal di  di wilayah Kecamatan Gebang Purworejo belum berhasil ditemui. Begitupun istrinya Ny Ae Pr (38) yang seorang PNS.

Nur Kholiq pada media menjelaskan, bahwa tindak pidana politik uang ini dilarang dalam Pemilu, dan siapa saja yang melakukan perbuatan itu bisa dikenai sanksi sesuai peraturan perundangan.

“Khusus untuk Ny Ae Pr, karena yang bersangkutan seorang PNS bisa dikenakan Peraturan Pemerintah (PP) No 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS dan UU No 5 Tahun 2014 tentang ASN,” jelas Nur Kholiq pada media.( MN ).

Tidak ada komentar