Breaking News

Bentuk Jiwa Korsa Siswa, SMK Kesehatan BPB Libatkan TNI.



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.) -- KEPALA SMK Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Purworejo, Rachman Sudrajat ,SS  Jum,at ( 1/3 ) mengatakan, dalam rangka  menanamkan jiwa patriotik bagi siswa siswanya,  pihaknya juga melibatkan aparatur TNI dari Koramil 04 Banyuurip, untuk menggembleng mental siswanya.

Hal itu menurutnya,  Guna membentuk dan memupuk jiwa yang disiplin, juga memupuk kebersamaan, kekompakan dan jiwa korsa. 


Anggota Koramil 04/Banyuurip,  Pelda Ngudiyono menjadi narasumber ( mentor)  ,   memberikan  materi kedisiplinan serta jiwa kepemimpinan bagi siswa siswa SMK Bhakti Putra Bangsa Purworejo. Hal tersebut sudah dimulai dari hari Senin ( 25/2) dan terus akan berlanjut untuk Tim Lomba PBB.

Sembari  memberi motifasi dan memberi  binaan secara fisik , Pelda Ngadiyono juga menjadi pembina bagi siswa dalam latihan  PBB. Selain menjadi motifator kedisiplinan, Perlda Ngadiyono juga  mengawasi dan sekaligus menjadi mentor kegiatan .

Ada beberapa jurus untuk membangun kebersamaan dan jiwa korsa. Salah sstunya murid diajak makan dengan cara  kepungan,.
Pelda Ngudiyono mengungkapkan, kegiatan makan kepungan mungkin masih asing di sebagian murid murid di kota, karena hal ini jarang dilakukan.

"Makan kepungan adalah makan bareng dengan alas makan memakai nampan atau daun pisang , biasanya hal ini dilakukan ketika ada acara mayoran ( syukuran) yang sering dilakukan oleh  mahasiswa," ungkap Pelda Ngudiyono.

Diungkapkan juga oleh Pelda Ngudiyono, sangat penting untuk menjaga keakraban antar teman agar memiliki jiwa kebersamaan yang abadi. Menyatu dalam kebersamaan.

"Dengan beralaskan daun pisang dan sambil jongkok supaya muat orang banyak,dan makanya pakai tangan (muluk) , sungguh tak terbayang nikmatnya, di situlah rasa sosial, solidaritas akan selalu terjaga, dengan lauk yang seadanya dan tidak terlalu mewah karena yang dibutuhkan adalah kebersamaan dan kekompakan dan jiwa korsa," pungkasnya.

Sudah barang tentu, para siswa SMK Kesehatan Bhakti Putra Bansa, untuk hal makan model kepungan, tetap menjaga standar kebersihan.

Yati, Salah satu peserta mengaku, sangat betkesan dan merasakan pentingnya binaan disiplin dari bapak TNI. " Pokoknya jiwa kebranian ini, jadi terbuka.  " Setelah digembleng bapak  TNI,  spirit jadi benar benar berubah, harus punya jiwa korsa, imbuhnya. ( MN.Tirta).

Tidak ada komentar