Breaking News

SABA DESA di Kalirejo, Bupati Ajak Warga Purworejo Giat Songsong Program Romansa 2020


BAGELEN  (KoranPurworejo.Com) -- Program Bupati saba desa . Desa  Kali Rejo Kecamatan Bagelen menjadi desa yang pertama kali dikunjungi Bupati Agus Bastian, SE MM untuk  tahun 2019. Acara yang berlangsung  di Balai Desa Kalirejo, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo berjalan begitu meriah. 

Kedatangan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM , di sertai istri tersebut, disertai rombongan  pejabat Pemkab, kepala OPD, serta Muspika. Seperti biasanya para pejabat juga menginap di rumah-rumah warga. 

Menu jamuan ala desa melengkapi sambutan kedatangan Bupati beserta rombongan. Makanan desa seperti  jagung rebus, kacang rebus, lemet manis ketela, sayur lodeh jantung, tempe bacem tradisionil, serta sayur burung gemak. Menjadikan  suasana terasa sangat tradisionil sekali. 
Bupati disambut penuh kehangatan dan meriah oleh warga.  Tak ketinggalan tarian SIGRAK dari Sanggar Seni Swastika Desa Kalirejo ikut menyambut kedatangan orang nomor satu di Purworejo itu.

Acara yang berlangsung dua hari,  Senin sore (  11 dan 12 Feb )  Bupati  beserta rombongan juga menginap di rumah warga untuk menyelesaikan serangkaian acara yang telah persiapkan oleh panitia.

Senin malam ( 11/2) Bupati mengawali kunjungannya dengan  mengadakan dialog Interaktif bersama warga dengan tema “Pengembangan Budaya Lokal Untuk Menyongsong Romansa 2020”.
Bupati terang terangan mengajak masyarakat,
"Saya memerintah Kabupaten Purworejo tinggal 1,5 tahun lagi. Oleh karenanya saya mohon dukungan seluruh masyarakat Purworejo, untuk menyukseskan program Romansa 2020. Ungkapnya.

Masih menurut Bupati  Agus Bastian,  Ia mengajak masyarakat Desa Kalirejo untuk membangkitkan kesenian dan budaya lokal yang ada. Budaya lokal harus dibina dan lestarikan dengan baik. Dikemas dengan hasil yang lebih menarik, supaya dapat menarik wisatawan lokal maupun internasional" sambngnya.

“Kita harapkan, kesenian dan budaya desa terus digaling, juga tidak lupa dengan hasil bumi yang ada, dari makanan kas desa kalirejo seperti, Geblek, Getuk, jagung manis, serta kacang tanah. Selain itu, hasil pertanian diantaranya, manggis, durian serta hasil bumi lainnya,” jelas Bupati.
Dalam dialog tersebut, Bupati juga mengakak Seniman Sukoso. DM , sebagai nara sumber dialog kebudayaan. Yang menjelaskan bahwa setrategi kebudayaan lokal juga penting untuk lebih digali lagi. Guna menyongsong program Romansa 2020.

Sementara itu, Kades Desa Kalirejo, Sarjono mengatakan, dalam menyongsong romansa 2020, Desa Kalirejo akan mewujudkan gunung Agung sebagai wisata alam Desa Kalirejo. Selain Gunung Agung sebagai wisata alam, Desa Kalirejo juga terkenal dengan Geblek, Jagung Manis, Kacang tanah yang berkualitas tinggi, serta Getuk yang terbuat dari Ketela hasil pertanian masyarakat Desa Kalirejo sendiri. Dimana kesemuanya itu dikelola oleh Pokdarwis.

“Menyongsong romansa 2020 nanti, Saya ingin benar-benar menjadikan Desa Kalirejo, yang benar rejo, salah satunya dengan menjadikan Gunung Agung sebagai wisata alam Desa Kalirejo di 2020,” jelas Sarjono. ( Nang )

Tidak ada komentar