Breaking News

Peringati Hari Jadi Purworejo Ke 188, Bakal Digelar Berbagai Event .

Even di Aphiteater (Foto dok Dwi.S)
PURWOREJO ( KORANPURWOREJO ) -- SEJAK Ditetapkannya oleh DPRD  perubahan Hari Jadi Purworejo yang semula jatuh pada tanggal 5 Oktober, menjadi 27 Februari. Maka, dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke-188  tahun 2019, untuk yang pertamakali digelar, bakal dimeriahkan berbagai agenda .

Diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo, AP,  saat jumpa pers di Pres Center Setda Kabupaten Purworejo, didampingi Kabag Humas Gathot Seno Aji,MM, Kamis (21/2/19).
Kadinparbud saat jum pers ( foto dok daniel)
Setidaknya ada event 3 kegiatan utama yang sekarang ini sedang dipersiapkan oleh Dinas Parwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo. Kegiatan itu bakal digelar pada Februari ini,  hingga Maret 2019 mendatang.

Ketiga kegiatan utama itu langsung bisa dinikmati oleh warga masyarakat. Namun, sebelumnya ada beberapa prosesi lain seperti ziarah ke Makam RAA Cokronegoro I, di Bulus, Kecamatan Gebang dan beberapa kegiatan pendukung lainnya.

Event pertama akan digelar dengan kegiatan Jumenengan RAA Cokronegoro I sebagai Bupati Purworejo pertama. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2019 malam. Dilanjutkan dengan Sendratari jumenengan.

“Rencananya akan dipindah lokasinya, yang sebelumnya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, akan dipindahkan ke Jalan Setyabudi. Hal itu dilakukan agar warga masyarakat bisa lebih leluasa dalam menikmati sajian tersebut,” ungkap Agung.

Dikatakan Agung, untuk event keduanya adalah Parade Budaya, yang akan menurunkan grup Marching Band Akademi Militer Magelang pada tanggal 2 Maret 2019. Dalam perhelatan ini akan dimeriahkan dengan Parade Kereta Kencana, yang antara lain akan menurunkan Kereta Kencana, yang ada di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo serta meminjam Kereta Kencana dari Yogyakarta.

“Kegiatan Parade Budaya ini diprediksi akan banyak mengundang perhatian warga masyarakat Purworejo, sebab melibatkan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah yang ada di Jajaran Pemerintah Kabupaten Purworejo. Untuk kepala dinas akan naik dokar, camat menunggang kuda serta jajarannya akan menjadi bregodo pengiring,” kata Agung.

Sedangkan untuk event ketiganya akan digelar pada tanggal 3 Maret 2019, dengan gerak jalan masal yang terbuka untuk masyarakat Purworejo. 

Sementara, menurut sejarawan lokal Atas Dhanu Subroto, yang menulis Buku Tjokronegoro, disebutkan. Usulan dari DPRD tentang perubahan hari jadi, dari tgl 5 Okt, menjadi 27 Februari, pada Gubernur, setahu Atas Dhanu belum turun. " Semoga tidak menjadi polemik lagi " kata Atas Dhanu.
 (Mn.Tirta).

Tidak ada komentar