Breaking News

Warga Binaan Rutan Purworejo, Ikuti Rekam Cetak E- KTP di Dalam Rutan.



PURWOREJO (KORANPURWOREJO.COM) – Sejumlah warga binaan di Rumah Tahanan Negara Kelas II B Purworejo ikuti rekam cetak KTP Elektronik, kegiatan dilaksanakan di aula rutan setempat.

Kepala Rutan Kelas II B Purworejo, Lukman Agung Widodo, Skom, MH, mengatakan, penyelenggaraan rekam cetak lokasi Lapas merupakan upaya meningkatkan pendataan penduduk, khususnya dengan program kepemilikikan E-KTP bagi setiap warga binaan.

“Hari ini, kami menyelenggarakan rekam cetak E-KTP bagi seluruh warga binaan. Selain untuk menertibkan pencatatan identitas, kegiatan ini juga bertujuan untuk memutakhirkan data pemilih untuk Pemilu 2019 di rutan,” katanya, Kamis (17/1) selepas membuka acara tersebut.


Dikatakan, sedikitnya ada 113 warga binaan yang berpartisipasi pada acara rekam cetak E-KTP yang diselenggarakan serentak melalui koordinasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pada kegiatan ini, setiap Napi dapat langsung merekam dan mencetak E-KTP pada hari itu juga.

Berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu 2019 yang sebentar lagi akan dilaksanakan, Lukman juga menyebutkan akan adanya tempat pemungutan suara khusus di lokasi Lapas. “Nanti ada TPS disini (Rutan,red), untuk kami kami mendorong seluruh warga binaan menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Hadir sekaligus memberikan sambutan mewakili Bupati Purworejo, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Purworejo, Ahmad Kasinu mengatakan, pihaknya terus berupaya memutakhirkan data kependudukan, tak lain bagi mereka yang sedang menjalani masa tahanan di Rutan.

“Meskipun penghuni Lapas Purworejo berasal dari daerah yang berbeda-beda, tidak semuanya penduduk Purworejo, namun kepengurusan dokumen kependudukan seperti E-KTP ini tetap dapat dilayani,” katanya saat diwawancarai awak media. (Mas-tirta).

Tidak ada komentar