Breaking News

RUTAN PURWOREJO, Sosialisasikan Bahaya Narkoba Bagi Warga Binaan


PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM )—PULUHAN warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Purworejo mendapatkan pembekalan dan sosialisasi mengenai bahaya narkoba, yang digelar di aula rutan pada selasa pagi, (22/1).

Kepala Rutan Purworejo Agung Widodo, S.Kom, MH menyampaikan, pembekalan dan sosialisasi sangat perlu diberikan kepada warga binaan, dikarnakan pengetahuan tentang narkoba dan bahayanya harus juga mereka ketahui.

“Saya berharap warga binaan mengetahui dampak dan bahayanya penyalahgunaan narkoba, sehingga bisa menghindarinya,”

Diungkapkan bahwa, di Rumah Tahanan kelas II B Purworejo tidak banyak warga binaan yang terjerat kasus narkoba, hanya ada 2 warga binaan. Jika ada masyarakat yang terkena kasus narkoba bisa dimasukan kelapas atau di rehabilitasi, semua tergantung prosedurnya.


Pada kesempatan ini warga binaan mendapat sosialisasi dan pengarahan langsung oleh Kasat Narkoba POLRES Purworejo IPTU Saptahadi Spd., S.H., M.H. dimana sinergitas atau kerjasama antara Polres dan Lapas Purworejo memang sudah terjalin.

Dalam menyampaikan paparannya kepada warga binaan, IPTU Saptahadi menjelaskan begitu bahayanya narkoba bagi kesehatan, narkoba yang merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan bahan berbahaya lainnya.

Efek narkoba dapat merusak kesehatan secara fisik dan kejiwaan. Mengganggu kondisi otak dan tubuh secara umum, perubahan sel saraf dalam otak dan masih banyak lagi.

“Yang umum di ketahui adalah pengguna akan mengalami halusinasi, muntah, peningkatan tekanan darah dan denyut nadi, gangguan kecemasan, kebingungan serta paranoia. Efek jangka panjang gangguan mental seperti depresi dan gangguan kecemasan,” jelas IPTU Saptahadi. (Mas)

Tidak ada komentar