Breaking News

Politeknik Sawunggalih Aji ( Polsa ) Kutoarjo, Ajak Pelajar Menelisik Jurnalistik Dengan Asyik.



PURWOREJO (Koranpurworejo com)--- HIMPUNAN Mahasiswa Administrasi Bisnis (Himabi) Polsa, fasilitasi ratusan pelajar SMA/SMK di Kabupaten Purworejo dan mahasiswa untuk mengikuti Workshop Jurnalistik, Rabu Pagi (30/1).

Workshop yang digelar di Kampus Politeknik Sawunggalih Aji (Polsa) Kutoarjo, mengangkat tajuk Menelisik Jurnalistik Dengan Asik, dimana peserta mendapat materi dan mempraktikkan jurnalistik kekinian.

"Mahasiswa menjadi peserta dan kami juga undang pelajar untuk mengenalkan dunia jurnalistik untuk mereka," ungkap Ketua Program Studi Administrasi Bisnis Polsa, Agus Fitri Yanto SE MM, .

Mahasiswa mengikuti pelatihan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman tentang jurnalistik, katanya. Ilmu jurnalistik sangat dibutuhkan mahasiswa Administrasi Bisnis karena terkait dengan mata kuliah Public Relation.

Sementara untuk pelajar, mereka dikenalkan dengan dunia jurnalistik untuk membangun sikap kritis.


Pemateri Dosen Bahasa Indonesia Novita Purnaningsih SS MA menjelaskan teknik kerja jurnalistik, mengenali hoax dan diskusi dengan peserta.


Selain mengenalkan jurnalistik, ucap Agus Fitri, workshop juga bagian tugas akhir mahasiswa untuk mata kuliah Public Relation.

"Ujian tidak hanya dikemas tertulis, melainkan berupa proyek kegiatan bersama yang digarap mahasiswa, dengan kata lain mahasiswa secara swadaya menjadi event organizer. Mata kuliah dikemas unuk betul-betul memberikan pengalaman, keterampilan dan penguasaan riil," tegasnya.

Novita Purnaningsih menambahkan, peserta mendapat materi teknik jurnalistik serta mengenali informasi hoax. "Apabila mereka mengenali informasi, melacak sumbernya dan melakukan konfirmasi, maka bisa terhindar dari jebakan hoax. Apapali kita lihat saat ini, informasi hoax memang begitu masif," terangnya.

  Menurutnya, secara umum mahasiswa dan pelajar telah memahami tugas jurnalistik. Mereka memahami dasar sebuah berita yang terdiri dari unsur what (apa), when (kapan), where (dimana), why (mengapa), who (siapa) dan how (bagaimana). "Mereka juga mampu ketika ditugasi membuat tulisan singkat," tandas mantan jurnalis KR Group dan Koran Bernas itu.

Sedangkan Rina Handayani dari SMA N 2 bersma 5 orang temanya menyampaikan bahwa, bagi mereka kegiatan seperti ini sangat penting dikarnakan ilmu jurnalistik sangat erat dengan dunia media sosial saat ini.  ( MasJas)

Tidak ada komentar