Breaking News

Kualitas Mumpuni, Batik Ciprat Karya Difable Purworejo



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM )--- BATIK ciprat dengan kualitas yang bagus sangatlah dicari oleh para pecinta batik maupun busana. Tidak sekedar corak namun juga filosofi yang terkandung dalam karya batik membuat sebuah batik lebih berharga.

Tidak disangka, batik dengan kualitas yang mumpuni terjamin bagus dapat diciptakan dari tangan-tangan saudara kita yang mengalami keterbelakangan kemampuan, tepatnya mereka dibina di Perkumpulan Disabilitas Intelektual Restu Ibu ( DIRI ) terletak di Dusun Sebelik Rt2/1 Desa Banyuasin Kembaran Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Kamis 24/1.

Ngadirin (60) ketua dari Perkumpulan Disabilitas Intelektual Restu Ibu ( DIRI ) menjelaskan bahwa, awalnya anak-anak disabilitas intelektual direhab di Temanggung. Lalu orang tua di Purworejo berinisiatif membuat perkumpulan orang tua bagi anak-anak yang direhab, dengan nama Perkumpulan Disabilitas Intelektual Restu Ibu ( DIRI ).

“Harapan dari kami, anak-anak disabilitas intelektual ini bisa mengambangkan bakatnya sesuai dengan kemampuan, hal itu juga tidak lepas dari adanya pendampingan orang tua,” kata Ngadiri.

DIRI berdiri sejak 2015 dan sudah mendapatkan ijin usaha mikro, adapun mendapat ijin notaris pada tahun 2017, total yang dibina ada 14 anak, namun yang aktif 10 anak.

Dengan tekun para orang tua wali mendampingi dan mengajari anak-anak nya untuk bisa mandiri, tidak cuma mandiri namun juga membekali mereka dengan berbagai keterampilan. Adapun usaha yang dirintis bersama dengan anak-anak ialah batik ciprat khas Purworejo.

Sedangkan Darminah (57) salah satu orang tua wali menyampaikan jika harga satu lembar batik dengan harga 100-150 ribu rupiah. Diakui oleh Darminah bahwa menejemen penjualan kurang tergarap dikarnakan kita semua mandiri. Oleh sebab itu hasil karya anak-anak kurang ter ekpos.

“Harapan saya dengan bantuan masyarakat ikut serta mengapresiasi dan mengangkat karya anak-anak kami, agar merka bisa lebih lagi semangat,” kata Darminah. 

Selain itu Dymas Mamiek salah satu pecinta batik dan juga perias dari Purworejo sangat mengapresiasi karya anak-anak Disabilitas . "Saya disini sering memesan batik karya anak-anak , batiknya khas dengan corak yang membuat nilai karya batik ini lebi berharga, apalagi saudara-saudara kita ini yang membuat. wajib di apresiasi," ungkap Dymas. (Mas )

Tidak ada komentar