Breaking News

UNIK, Rayakan Natal Dengan Tema Jawa



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM )---RAYAKAN Natal dengan tema unik, hal tersebut digelar oleh jemaat Bethany Indonesia Kutoarjo yang berada di jalan Diponegoro Perumahan Kembang Arum,  Purworejo Jawa Tengah, tepat tanggal 25 Desember 2018, petang. 

Tema Natal tahun ini mengangkat nuansa Jawa, hal itu terlihat dari para penerima tamu,  pemain musik, singer hingga pendeta yang menyampaikan firman. 

Dari anak kecil hingga orang tua mereka memakai beskap, kebaya dan segala atribut nuansa Jawa.

Didukung juga dengan dekor Dari Daematus menarik diatas mimbar yaitu sepeda ontel,  Gunungan dan Gebyok Jawa menjadi simbul Yang menegaskan tema natal tahun ini. 

Seperti Yang dijelaskam ketua panitia penyelenggara Ika Wirawan (45) "Kita menyanyajikan tema ini dikarnakan panitia ingin ikut berpartisipasi melestarikan budaya jawa,  dan hal ini juga bakal akan digelar sama saat perayaan implek dengan tema implek,".

Ada juga suguhan kuliner diakhir perayaan khas Jawa seperti urap, ikan asin, sambel goreng kentang, mie goreng jawa, peyek pelas dan lain sebagainya,  ungkap Ika. 

Dijelaskan juga oleh Pendeta  Agus Santoso,  "Tema yang diangkat terkait dengan  Jawa,  salah  satunya sejarah ke kristenan di tanah jawa . Seperti sejarah kyai tunggul wulung dan kyai Sadrah.  Beliau  adalah tokoh rohani di Jawa, yang patut  kita teladani,".

Dijabarkan bahwa,  ini adalah cara untuk ikut melestarikan adat budaya Jawa   Yang menjadi bagian  keanekaragaman kebudayaan nusantara.  Keberagaman tersebut yang kita sebut sebagai Bhineka Tunggal Ika,  tandas  Agus. 

Di sisi lain Benny Sagala (33) bersama istri Fani  Sinambela (32) Dari Jakarta yang memang berniat datang dalam ibadah natal merasa sangat berkesan dengan tema Yang diangkat. 

"Ketika sampainya di Purworejo dan mengikuti ibadah Natal dirasakan sangat unik dan menjadi kesan berbeda dengan Natal-natal  sebelumnya.  Karena disini disuguhkan nuansa jawa.  Dari para pelayan mimbar jemaat Yang datang,  dekor dan juga kuliner khas jawa," kata Benny

Benng berharap Hal ini bisa menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya, meski ini dalam gereja atau nuansa Natal. (Mas)

Tidak ada komentar