Breaking News

Tanggul Sungai Ambrol, Jalan Kalikotes-Prapaglor Terancam Bisa Putus






PITURUH ( KORANPURWOREJO.COM) -- Hujan lebat di wilayah Pituruh dari Minggu malam hingga Senin ( 24/12)  subuh dini hari, mengakibatkan beberapa sungai di Purworejo bagian barat diluapi air bercampur lumpur.

Karena begitu lebatnya, listrik pada malam hari pun sempat di padamkan oleh Unit PLN. Dimungkinkan untuk berja jaga, mengingat di wilayah Pituruh banyak  pepohonan yang melintang diatas lintasan jalur aliran listrik bertegangan tinggi.
Sampai berita ini ditulis, dampak hujan semalam suntuk, tidak menimbulkan longsor di wilayah dataran tinggi.

Namun justru laju air sungai Gebang yang semalam mengalami peningkatan dibet, membawa dampak ambrolnya Garis Sempadan dan  tanggul sungai.
Sebagaimana terjadi di wilayah Desa Prapaglor yang berbatasan dengan Desa Kalikotes. Kecamatan Pituruh.


Tanggul, bahkan Garis Sempadan sungainya ambrol  sepanjang 60 -an meter . Diterjang laju air yang berdebit tinggi, tepat di Dukuh Krajan, Desa Prapaglor.
Menurut Eko Fajar (26 th)  warga setempat, tanda tanda ambrolnya tanggul sudah tampak pada setiap hujan lebat. Namun yang paling berdampak pada hujan semalam,  ungkapnya.
" Bahkan pohon kelapa yang semula cukup berjarak dengan badan sungai, akhirnya turut abruk menyorok ke badan sungai ", imbuhnya

Meskipun tidak membawa dampak korban. Kepala desa Prapaglor Muhyani, telah melaporkan kejadian tersebut Kepada pengelola Sungai Probolo.
Sebab ditakutkan , jika dibiarkan bila hujan lebat lagi , maka gerusan air sungai dipastikan bisa memutus jalan raya Kalikotes -Prapaglor. 

Mengingat posisi tersebut berada di kelokan sungai. Dan diatasnya sekitar 200 meter tidak jauh dari lokasi ambrol , adalah Selis pengaturan laju air.
 Serta jembatan menuju Desa kedungbatur dan Kaligintung.
Otomatis setelah selis Kalikotes, laju air semakin mendapat tekanan lebih kencang, karena ada anggel grojogan yang melintang di badan sungai.

Dengan ambrolnya garis Sempadan sungai hingga tangul, dan nyaris sampai ke jalan raya Kalikotes - Prapaglor, tak luput jadi tontonan warga di wilayah Pituruh. ( Smn )

Tidak ada komentar