Breaking News

Relawan Jalanan Purworejo, Konsisten Membantu Masyarakat Yang Dibutuhkan di Jalan



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM )--- SALAH Satu  dunia sosial yang dipilih oleh para Relawan Jalan Purworejo atau yang dikenal dengan RJP adalah membantu masyarakat dalam keadaan yang dibutuhkan saat di Jalan.

Kini sosok organisasi RJP menginjak usia yang ke- 1 tahun, usia yang dirasa masih muda RJP sudah mampu menebar salam ikhlas bagi masyrakat Purworejo dan hal itu dirasakan sangat bermanfaat bagi pengguna jalan yang mengalami musibah, minggu (30/12).

Eko Supriyanto ( 35 ) ketua panitia penyelenggara ulang tahun RJP yang pertama mengungkapkan bahwa, komunitas RJP ini berangkat dari rasa solidaritas untuk saling tolong menolong pada masyarakat yang mengalami musibah.

“tema ulang tahun ini adalah URIP IKU URUP, setidaknya kita harus bermanfaat bagi orang lain, kata bijak jawa yang sangat harus kita teladani,” kata Eko.

Eri ketua korwil 04 Banyuurip menambahkan bahwa, RJP bisa dihubungi jika mengalami bocor ban trobel kendaraan dan lain sebagainya, masyarakat bisa menghubung RJP melalui via WA maupun akun Grub FB Relawan Jalanan Purworejo. Kini jumlah anggota aktif RJP ialah 150 anggota yang tersebar di 16 kecamatan.

“Ada juga jika masyarakat membutuhkan pengkondisian jalan saat memiliki kegiatan, RJP sangat senang sekali jika bisa membantu, seperti kataman atau event-event lainya,” ungkap Eri.

Sementara itu Gatot kepala Kesbangpol kabupaten Purworejo, sangat mengapresiasi komunitas-komunitas yang ada di Kabupaten Purworejo, terlihat acara kegiatan ulang tahun ini diselanggara di Kantor Kesbangpol. “ saya pribadi sangat apresiasi dengan komunitas sosial seperti ini.  Harapanya semakin banyak dan berkembang untuk membantu masyarakat Purworejo,” katanya.

Sementara itu Agus Budi, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo mengatakan bahwa, sinergi angtara pemerintah dengan masyarakat khususnya komunitas RJP ini dirasa sangat bermanfaat, baginya masyarakat juga yang harus ikut memelihara dan merawat apa yang ada seperti fasilitas umum.

“Sering kordinasi RJP dengan dinas, ketika ada banyak lubang dijalan.  Dan mereka mengambil sikap untuk memberi tanda pada lubang itu, kemudian .Dinas PU Jalan yang menindak lanjuti” kata Agus.

Agus meminta, RJP juga harus menjaga keselamatan diri sendiri itu yang sangat penting. (Mas)

1 komentar: