Breaking News

NATAL GKJ PITURUH Paling Unik Sedunia, Ada Tausiah Kyai NU.

Kyai Pluralis H.Noer Tjahyono sedang bertausiah.

PITURUH ( KoranPurworejo.Com )-- SUASANA momentum Natal 2018, sebagai hari raya  umat Kristiani masih terasa. Ada yang Unik dan bisa dianggap sebagai tauladan ( tuladha), sebagaimana Natal yang digelar di Gereja Kristen Jawa ( GKJ ) Pituruh, Kabupaten Purworejo.
Mungkin ini  Natal paling unik sedunia. Pasalnya Imam besar / Ketua Takmir  Masjid Al Irsyad Pituruh, Kyai Haji Muh  Noer Tjahyono, diundang sebagai tamu kehormatan dalam perayaan Natal yang di gelar di halaman Gereja Pituruh.

Pendeta GKJ Pituruh, Petrus Mardiyanto Sarjana Theologi, saat di temui Wartawan KoranPurworejo.Com Jumat (28/12)  mengatakan, pihak gereja selalu mengundang warga muslim sekitar, juga sahabat sahabat muslim lainnya, untuk rawuh dalam peringatan natal. Maksudnya memberi kehormatan sebagai tamu khusus.

Masih menurut Pendeta Petrus,  " Apalagi Tema Natal kali ini " Damai Sejahtera Allah di Bumi Pancasila "
Maka selaras dengan toleransi, dan kebhinekaan. 
Pendeta Petrus dalam kotbahnya menyampaikan kedamaian toleransi umat beragama. Ia mengupas tentang sila pertama Pancasila, tentang hakekat  Ketuhanan, dimana sila pertama tersebut menjiwai seluruh sila berikutnya. Kemanusiaan, Persatuan dan seterusnya.

Petrus juga menyampaikan hakekat hal Suwarga. " Su itu artinya baik, sedang Warga itu mengandung arti sesama titah Allah. Becik marang pepadhaning titah urip iku werdining Suwargo. Mula kita nduweni kewajiban bebarengan gawe patuladhan kebecikan  ngaurip.
" Ora susah ngrembug sing durung katon, yen karo sing katon bae ora biso " imbuh pendeta Petrus Mardiyanto.

Yang unik dan pantas ditauladhani, setelah acara grejani selesai. Pendheta Petrus meminta Kyai Haji  Muh  Noer Tjahyono untuk memberikan sambutan sekalugus tausiah, di hadapan para jemaaf GKJ dan para muslim yang hadir.
Pendeta Petrus Mardiyanto dan Kyai H.Muh Noer Tjahyono. Dua tokoh agamawan pluralis, yang pantas
ditauladhani.
" Semua agama itu mengajarkan kebaikan, serta tatanan hidup yang baik. Juga mengajarkan cinta damai dan kedamaian. Bukan sebaliknya ". Kata sang Kyai

Masih menurut Kyai Noer Tjahyono. Saya dalam kesempatan baik ini,  mengucapkan selamat bahagia bagi umat Kristiani, selamat bersyukur untuk menyambut kelahiran nabi Isya Alaihiwasalam" ungkap Kyai Noer Tjahyono.

"Untuk hal keyakinan, itu hal masing masing. Tugas kita hidup di dunia menjalankan kabaikan tauladhan hidup. Perihal wewenang Benar, Dosa, Surga, Neraka, kuwi mutlak wewenang sing kagungan urip. Ora susah menghakimi satu dengan yang lain" tandas Kyai Noer  yang pernah jadi tangan kanannya  Mbah Liem Klaten itu.
Sudah menjadi hal biasa para muslim,
Membantu persiapan Natal Gkj Pituruh.
Pendeta Petrus Mardiyanto, oleh warga Pituruh memang dikenal sebagai pluralis, dan seorang seniman. Beliaunya dikenal sangat ramah dalam berbagai hal. Maka layak setiap Natalan warga muslim pun bahu membahu turut mempersiapkan membantu Natal yang digelar GKJ Pituruh.

Semenjak ditugaskan di lingkungan jemaat GKJ Pituruh, pada setiap momen Natal, selalu mengundang lingkungan muslim yang jumlahnya ratusan. Sebagai bentuk pembauran dan toleransi. 
Petrus dikenal dekat dengan para tokoh lintas agama. Bahkan setiap Natal GKJ Pituruh juga dipenuhi para kolega anggota Banser, untuk menjaga perayaan Natal yang digelar Pendeta Petrus. Mungkin ini satu satunya Natal terunik di dunia. Karena memberi tauladhan damai antar umat yang berbeda keyakinan.  ( SM Tirta).

Tidak ada komentar