Breaking News

Kurangi Tingkat Pengangguran, Melalui Kesenian, Geluti Dunia Mural



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM )--- DUNIA Seni menjadikan salah satu ruang yang mampu mengurangi tingkat pengangguran. Sebab dengan menghasilkan karya seni, para pelakunya juga mendapatkan hasil atau nilai nominal yang diperoleh.

Peluang tersebut dilihat dengan baik oleh salah satu seniman Mural Indonesia yaitu Andi Prasetiyo atau yang dikenal Andi Mural, dengan pengalam yang sudah melalu lalang di dunia seni rupa khususnya seni lukis mural.  Andi memiliki team kerja dibeberapa daerah khususnya kota besar seperti Jakarta dan Bali.

Seperti pengalaman yang sudah dialami Andi Mural, kini Ia berinisiatif untuk membuka peluang kerja kembali melalui media jasa seni mural  yang dikembangkan di Purworejo tempat tinggal saat ini. Hal itu dilakukan tidak semata-mata untuk keuntungan pribadi, namun jauh daripada itu adalah mengurangi tingkat pengangguran di daerah maupun menfasilitasi kawan-kawan yang memiliki kemampuan dalam bidan seni rupa.

Saat diwawancarai Wartawan Koranpurworejo.com Andi Menyampaikan bahwa Ia sedang merintis usaha dengan nama Javamural.com dengan menggandeng teman-teman sekitar lingkungan, tepatnya ialah Kampung Baledono Selis, Rt 003 Rw 002 Kelurahan Baledono, Purworejo.

“Java mural ini terbentuk tepatnya pada tanggal 12 Desember 2018, saat ini kita sedang melukis perdana dimana lukisan ini bertempat di TK AL MUKMINUN Baledono Ngentak Rt 07/ Rw 05. Dengan jumlah tim 7 orang,” kata Andi, Sabtu (15/18).

Di sisi lain dijelaskan pula oleh Puspa Kartika Dewi (46) Kepala sekolah Taman Kanak-kanak Al Mukminun, bahwa TK ini berdiri sejak tahun 2001 dan selama 17 tahun diding TK masih dengan cat polos, hal itu dikarnakan secara dana kurang mampu untuk melukis diding. Namun pada kesempatan ini dengan dana yang minim tim dari Java Mural berkenan melukis diding TK.

“awalnya kami, pihak sekolah hanya meminta untuk di cat polos, namun pihak dari Java Moral malah berkenan melukis diding TK kami dengan dana yang minim, oleh sebab itu kami sangat bersyukur dan berterimakasih,” jelasnya.

Harapannya nanti dengan adanya lukisan diding, anak-anak mampu bertambah semangat untuk belajar dan mampu terinspirasi pula untuk kreatif. Terlebih juga untuk para pelaku seni semakin dikenal dan menjadi berkah dalam pekerjaan,  tandasnya. (Mas)

Tidak ada komentar