Breaking News

FORKARE Menggelar Dongeng Ceria Anak di Alun-alun Purworejo



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM )--- PERINGATI Hari anak dunia yang jatuh pada tanggal 20 November 2018, Forum Komunikasi Anak Kabupaten Purworejo ( FORKARE ) Gelar Dongeng Ceria Anak,  di Alun - alun  Purworejo Minggu,  (16/12).

Melihat Indonesia yang memiliki banyak cerita maupun dongeng bagi anak-anak, namun pada perkembangan-nya semakin hari semakin terkikis budaya mendongeng, pitutur atau budaya bercerita .

Hal itu ditangkap oleh kepekaan FORKARE Menjadikan  perayaan Hari Anak Sedunia sebagai momentum untuk hebatkan anak Indonesia  dengan cerita wujudkan cita-cita peradaban Bangsa .

Seperti  yang diungkapkan Mastri Imam musadin, sebagai ketua panitia dan juga Anggota FORKARE,  dongeng tradisional dongeng penghantar tidur harus dibangkitkan lagi agar anak-anak mengenal cerita tradisional dan itu adalah salah satu aset budaya Indonesia.

Di sisi lain Jawara Dongeng Indonesia Kak Awe,  ikut serta memeriahkan acara yang dihadiri oleh puluhan anak-anak dan orang tua.

Pada kesempatan ini Kak Awe menceritakan sebuah cerita dengan mengangkat tema sosial yaitu bagaimana kehidupan anak-anak antara kewajiban dan hak-hak anak yang harus dipenuhi,  untuk ikut serta mewujudkan Purworejo layak anak.

Kak Awe mengatakan,  dunia anak-anak adalah dunia yang sangat menginspirasi dan anak-anak pula adalah generasi penerus bangsa.

"Bagi saya,  dongeng atau cerita sangat bermanfaat bagi anak,  dimana dengan bercerita  rasa kedekatan keluarga semakin terasa dan disanalah juga akan tumbuh keharmonisan," kata Awe.

Jauh dari pada itu, dongeng sangat membantu dalam pembentukan karakter anak. Dongeng sangat baik diceritakan ketika sebelum tidur, karna memori anak akan merekam atas apa yang ia dengar dan bayangkan. Sehingga ketika bangun anak akan mendapat sesuatu hal yang luar biasa, salah satunya ialah nasehat-nasehat baik dan berpengaruh pada kehidupannya, tutur Awe. (Mas)

1 komentar: