Breaking News

Polsek Kota Purworejo, Ringkus Spesialis Pencurian Mobil Pic Up.



PURWOREJO ( KORANPURWOREJO.COM )--- UNIT Reskrim Polsek Kota Polres Purworejo berhasil ringkus pelaku spesialis pencurian Mobil Pic Up, di sekitar Alun-Alun Purworejo, Rabu 31 Oktober 2018. Pelaku bernama Nursal Chaniago  (61) warga Padang Sumatra Barat, ditangkap saat bertransaksi dengan calon pembelinya.

Pelaku adalah residivis Lembaga pemasyarakat (LP) yang tidak hanya sekali masuk penjara, dimana pelaku sudah pernah masuk LP Purworejo dan LP Nusakambangan Cilacap. Sebelum penangkapan Polisi mendapat laporan dari korban Nurul Isnainiyah (26) warga Desa Bringin, Kecamatan Bayan Purworejo yang kehilangan mobil pic up terbuka saat berjualan sayur di Pasar Suronegaran (27/10). 

Kapolres Purworejo melalui Kapolsek Purworejo AKP Markotip,SH mengatakan, pelaku adalah residivis yang baru keluar dari Lembaga pemasyarakat Purworejo. Setelah keluar pelaku kemudian melakukan aksinya di beberapa tempat di Purworejo, terahir di Simpang tiga Pasar Suronegaran Jalan Mayjend Sutoyo Purworejo yang terjadi pada, Sabtu (27/10) subuh.

“Dari hasil penyelidikan polisi, pelaku mengaku ada 4 Unit Mobil Pic Up dengan jenis dan merk yang sama berhasil dicurinya dari 4 Tkp di Kabupaten Purworejo. Oleh pelaku hasil curian tersebut dijual ke calon pembelinya dengan harga murah, sekitar 9 hingga 11 Juta Rupiah” kata AKP Markotip.


Sebelum melakukan penjualan kepada pembeli, pelaku melakukan perubahan pada kendaaraan seperti mengganti warna atau memberikan aksesoris-aksesoris lain agar terlihat berbeda.


AKP Markotip mengungkapkan,“Modus pencurian dengan cara mencungkil pintu dengan obeng dan sayatan bambu, setelah terbuka pelaku menyalakan mesin dengan mengotak atik stater dengan tambahan alat yang dia bawa’ Dari tangan pelaku berhasil disita barang bukti berupa, 4 Unit Mobil Merk Suzuki Type Futura, Satu buah Cutter warna merah, Satu buah gunting,Dua buah kunci pas, Satu buah anak kunci, Satu buah obeng warna hitam putih dan Satu buah potongan socket kunci kontak berikut kabelnya,”

Pelaku akan dikenakan pasal 363 ayat (1) ke-5 KUHP sebagai mana dimasud dalam tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun penjara. (MAS)

Tidak ada komentar