Breaking News

PAUD Islam Alifah Kemiri, Terapkan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter



KEMIRI ( KORANPURWOREJO.COM )--- RABU (7/11/2018) Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ) Islam Alifah yang terletak di Dusun III RT 1 RW 4 Desa Kemiri Lor, Kecamatan Kemiri, memiliki cara khusus untuk memberikan pendidikan kepada putra putri serta orang tua wali murid.

Penerapan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK ) ditekankan menjadi salah satu upaya metode pembelajaran, dimana dengan  9 pilar karakter yaitu :
1. Cinta Tuhan dan segenap ciptaan Nya, 
2. Mandiri disiplin dan tanggung jawab, 
3. Jujur amanah dan berkata bijak, 
4. Hormat santun dan pendengar yang baik, 
5. Dermawan suka menolong dan kerjasama, 
6. Percaya diri kreatif dan pantang menyerah, 
7. Pemimpin yang baik dan adil, 
8. Baik dan rendah hati, 
9. Toleran cintai damai dan bersatu. 
Hal itu semua diterapkan PAUD Islam Alifah intens dalam PHBK berdasarkan 9 pilar tersebut.

Seperti yang dijelaskan Yuni Aliansi Spd, PAUD Islam Alifah sudah berdiri sejak November 2013 dengan awal berdiri termotivasi oleh keinginan membentuk pendidikan untuk PAUD yang lebih berkualitas dan lebih mengedepankan karakter bagi anak-anak.diharapkan dengan memiliki karakter yang baik kelak anak-anak akan tumbuh menjadi pribadi yang Islami, tangguh dan tidak mudah terpengaruh oleh budaya-budaya negatif yang ada di masyarakat.

“Awalnya kita hanya 3 orang guru dengan 5 murid, namun dengan ketelatenan lambat tahun kepercayaan masyarakat semakin meningkat, oleh sebab itu kita juga ingin memberikan pelayanan dan fasilitas yang lebih  bagi murid dan orang tua wali. Maka di tahun 2016 kita difasilitasi oleh PT Ancora Foundation  untuk mengikuti  pelatihan pendidikan karakter di Bogor yang diselenggarakan oleh Indonesia Heritage Foundation ( IHF ) yang dipimpin oleh Ibu Ratna Megawangi istri dari Bapak Sofyan Djalil,”  kata Yuni Aliansi.

Ada dua guru yang dikirim untuk mengikuti pelatihan yaitu Yuni Aliansi dan Umi Daimatul Istiyah. Dalam pelatihan mendapatkan Modul dan Alat Peraga Edukasi ( APE ) pembelajaran. Berawal dari pelatihan itu dikembangkanlah Pendidikan Holistik Berbasis Karakter di PAUD Islam Alifah.

“Awal-awalnya anak-anak maupun wali murid masih asing dengan hal itu, namun seiring berjalannya waktu bisa dirasakan kebermafaatan PHBK, contoh sederhananya anak-anak lebih memiliki sikap yang dermawan, sopan namun tetap kreatif,” ungkap  Yuni Aliansi.

Ditambahkan bahwa PAUD Islam Alifah adalah PAUD yang pertama kali menerapkan PHBK di Kabupaten Purworejo, dan saat ini  Yuni sudah mengajak 2 lembaga PAUD yang lain untuk mengikuti pelatihan PHBK di IHF dan saat ini lembaga itu juga sudah menerapkan PHBK, tandas Yuni.

Di sisi lain Sri Hartatik Pembicara dalam kegiatan Parenting mengungkapkan bahwa, pola asuh pendidikan di era melenial sangatlah penting, dimana orang tua dituntut lebih peka dan bijak memberikan fasilitas teknologi bagi anak-anak.

“Disini kami lihat dengan nuansa sejuk dan Bunda Yuni sendiri menfasilitasi wali siswa dan anak-anak terkait pendidikan karakter yang di kedepankan,” ungkap Sri Hartatik. (MAS)

Tidak ada komentar