Breaking News

Paguyuban Muda Ganesha, Alumni SMAN 1 Purworejo. Prakarsai Napak Tilas Pejuang Tentara Pelajar.



PURWOREJO (KORANPURWOREJO.COM)--MUDA GANESA Alumni SMAN 1 Purworejo yang tersebar di berbagai kota besar, dan menduduki jabatan penting diberbagai lembaga pemerintah atau lainnya. Minggu ( 11 /11 ), memprakarsai napak tilas para pejuang tentara pelajar.

Yang melatarbelakangi digelarnya acara tersebut, di Kabupaten Purworejo telah lahir banyak pejuang dan tokoh yang turut memperjuangkan, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan;
Termasuk berdirinya SMAN 1 Purworejo tak lepas dari peran Ex-Anggota Tentara Pelajar Detasemen III Brigade XVII bersama Pemerintah Daerah dan Tokoh Masyarakat pada masa itu, sekitar tahun 1954. 

Saat ini, sedang dikaji bahwa SMAN 1 Purworejo merupakan SMA Negeri yang pertama kali berdiri di Indonesia di sebuah kota kabupaten;

Menurut Ketua Panitia  Drs, Dwi Admadji, .MBA, hal tersebut dilakukan untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Purworejo dalam  menyongsong hadirnya bandara baru Yogyakarta International Airport di Temon, Kulon Progo dan berkantornya Badan Otoritas Borobudur di wilayah Purworejo yang akan menciptakan peluang-peluang baru untuk Kabupaten Purworejo.

Dengan latar belakang tersebut, dan bersamaan dengan Peringatan Hari Pahlawan 2018, Paguyuban Muda Ganesha - Alumni SMAN 1 Purworejo terpanggil untuk menyelenggarakan kegiatan Napak Tillas Perjuangan Tentara Pelajar (NTPTP) th 2018.

Masih menurut  Drs,  Dwi Atmadji, MBA
Kegiatan NTPTP diadakan dengan tujuan:
Untuk mengenang dan menghormati jasa para pejuang sekaligus memperingati Hari Pahlawan 2018, Mewarisi dan mewariskan semangat kejuangan dan kebangsaan kepada generasi muda; Ganesa SMAN 1 , ingin berpartisipasi dalam pembangunan Purworejo dengan menciptakan kegiatan yang bernilai edukasi dan wisata, guna mendorong perekonomian masyarakat.

Minggu (11/11 2018) diadakan Long March Perjuangan, sejauh 20 km start jam 05.30 dari Taman Makam Pahlawan Tentara Pelajar Wareng, Kec. Butuh hingga Alun-alun Purworejo dengan peserta kurang lebih 1380 orang yang terdiri dari para pelajar SMA/SMK, mahasiswa, anggota ormas pemuda, karang taruna, pesantren, prajurit TNI, dan anggota Polri pada Minggu, 11 November 2018.

Selain itu juga telah digelar serangkaian acara Karnaval Perjuangan,  dimulai dari SMAN 1 Purworejo ke Alun-alun Purworejo. Dalam kegiatan ini juga diadakan Lomba Mirip Pejuang;

Sebelumnya juga telah dilaksanakan Renovasi Taman Makam Tentara Pelajar di Wareng. Serta Upacara Peringatan Hari Pahlawan, di Taman Makam Pahlawan Tentara Pelajar Wareng sekaligus peresmian renovasi TMP, Sabtu pagi, (10 November 2018).

Tidak hanya itu, pelukis  Prapto Efendi yang juga Anggota Muda Ganesa melakukan  Pameran Lukisan Pejuang, yang digelar  dari  9 – 11 November 2018 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati.  36 lukisan  wajah para pejuang dan tokoh berpengaruh di Purworejo terpampang di Pendopo Kabupaten Purworejo. Diantaranya Jendral Urip Sumohardjo, Jendral A. Yani, Jendral Sarwo Edhy Wibowo, sampai Wajah Bupati Tjokronegoro.

Acara juga dimeriahkan dengan: Bazaar kuliner khas Purworejo, Panggung hiburan Display peralatan/kendaraan militer, Penampilan Drum Band Gita Abdi Praja dari IPDN. Serta berbagai lomba dan  disediakan hadiah/doorprize berupa sepeda, sepeda motor, TV, dan lain-lain.

Pada hari Minggu (11/11) dipuncak acara juga di launching lagu  berjudul Kota Pejuang Karya seniman Purworejo Yosafat. Serta dideklarasikan kota Purworejo menjadi Kota Pejuang oleh Bupati Purworejo Agus Bastian, SE MM.( SM Tirta).

Tidak ada komentar